Rekomendasi Film Tentang Kesehatan Mental ( Bipolar Disorder Movies ) -TheStoneman

Wednesday, August 5, 2020

Rekomendasi Film Tentang Kesehatan Mental ( Bipolar Disorder Movies )

Rekomendasi Film Tentang Kesehatan Mental ( Bipolar Disorder Movies )

5 FILM TENTANG GANGGUAN KEJIWAAN 



Bipolar Disorder ( Mental illness ) Movie - Halo balik lagi bersama Stoneman, Kali ini saya akan Merekomendasikan beberapa hal menarik mengenai Bipolar Disorder Movie atau bisa dibilang Film yang mengandung unsur Mental illness ( Kesehatan Mental ). Sebelum saya memberikan rekomendasi Film ada kala baiknya saya menjelaskan dulu apa maksud dan tujuan saya memberikan rekomendasi Bipolar Disorder Movie.


Seperti yang hanya beberapa orang ketahui Bipolar Disorder adalah salah satu gangguan kesehatan mental yang bisa dialami siapa saja tetapi tidak semua orang pernah mengalami, Karena pada dasarnya Gangguan kesehatan Mental ini terjadi karena adanya pressure ( Tekanan ) didalam Hidupnya yang tidak bisa ia tampung lagi sehingga menimbulkan Stress,Depressi, dan ketakutan

Sangatlah penting sekali bagi kita untuk dapat mengetahui Film - Film Tentang Kesehatan Mental, Sebab jika bukan kita siapa lagi yang akan mengajarkan kepada kita bahwa ada beberapa hal yang wajib kita ketahui tentang konsep berkehidupan sosial yang majemuk ini.

Jadi Film - film yang bersangkutan dengan Bipolar Disorder ( Mental illness ) pastinya mempunyai experience ( Pengalaman ) dalam kesehatan mental itu sendiri, Bukan Fiksi ataupun reflek dari imaginasi melainkan Film - film yang akan saya share ini rata - rata berasal dari pengalaman seseorang ketika mengalami gangguan mental dan biasanya didalam film memberikan satu jawaban tentang cara mengobati gangguan mental itu sendiri, Seperti pepatah Perfilm-an pernah berkata " From the movie we learned And From the movie we found the cure ". Oke langsung saja kembali ke topik pembahasan kepada Rekomendasi Bipolar Disorder Movie dibawah ini  : 


- One Flew Over The Cuckoo's Nest

Directors : Milos Forman

Film yang di adaptasi dari sebuah novel Tahun 1962 dengan judul yang sama, Yang di Tulis Oleh " Ken Kesey " Adalah sebuah Novel Fiksi Psikologis dengan Narasi Studi Kesehatan Mental dan Pikiran Manusia serta Kritik untuk suatu Lembaga Kesehatan Kejiwaan.

Synopsis Movie : 

Bercerita tentang Jack Nicholson ( Randle McMurphy ) sebagai Karakter utama pada Film ini, Aktor Legend yang satu ini memang sangat cocok mengambil alih Karakter sebagai Randle McMurphy yang mengalami masalah dalam kesehatan Mental nya. Randle McMurphy di kirimkan ke suatu lembaga Kesehatan jiwa sebagai pasien untuk di analisa mengenai Masalah kesehatan Mental apa yang ia alami, Dikarenakan Randle adalah seorang narapidana ada kemungkinan bahwa randle berpura - pura tidak waras agar dapat lepas dari penjara. Asumsi bahwa McMurphy hanya berpura - pura gila bisa saja di benarkan dan bisa juga tidak, Karena terdapat satu orang pasien lagi yang berpura - pura bisu dan tuli. Ia adalah Chief Bromden seorang india yang berbadan besar yang menjalankan peran bisunya dengan sangat baik selama di lembaga kesehatan jiwa tsb.

Randle McMurphy pun mulai menjalani harinya di lembaga kesehatan jiwa tersebut, dan ia mulai akrab dengan Chief Karena hanya Randle lah yang mengetahui bahwa chief hanya berpura - pura tuli. Mereka pun membuat rencana pelarian dari lembaga tersebut dan menjalani kehidupan baru di kanada bersama Chief.

Oke cukup untuk sedikit sinopsis yang bisa saya jelaskan, selebihnya kalian harus tonton film yang menurut saya sangat wajib di tonton.


- Prozac Nation ( 2001 ) 

Directors : Erik Skjoldbjaerg

Prozac Nation adalah film yang di adaptasi dari sebuah Buku yang di tulis oleh " Elizabeth Wurtzel " Yang di rilis tahun 1994 dengan Judul " Prozac Nation "  Yang dimana pada buku tersebut ia Menuliskan tentang kisah hidupnya yang mengalami Depresi dan gangguan mental  (Bipolar Disorder).  Prozac Nation sendiri adalah biography movie yang diangkat dari Real Story yang dialami oleh Elizabeth Wurtzel semasa hidupnya. 

Synopsis : 

Elizabeth Wurtzel yang diperankan oleh ( Cristina Ricci ) Adalah seorang Penulis  Freelance  Yang dimana ia menuliskan kisah perceraian kedua orang tuanya  ketika ia berumur 2 tahun. Sejak perceraian tersebut berlangsung Elizabeth hanya di besarkan oleh ibunya saja dan Ayahnya lepas tanggung jawab dari nya. Karena Elizabeth hanya di besarkan oleh ibunya tanpa seorang ayah ia mengalami Depresi karena ketidak lengkapan orangtuanya dan Ia tidak dapat menerima keadaannya tersebut yang akhirnya masuk ketahap lebih dalam lagi yaitu Kesehatan Mentalnya Yang dimana ia harus menjalani pengobatan Psikiatri ( Konsultasi Psikiater )

Sedikit synopsis mengenai Filmnya, Dikarenakan saya lebih tertarik dengan nama obat anti depresannya yaitu Prozac hahahaha.

Film ini adalah salah satu contoh besar mengenai kasus kesehatan mental (Bipolar disorder ), Yang dimana menunjukan Eksplorasi Karakteristik seseorang yang harus berjuang menghadapi ketidak mampuannya untuk Hidup akibat Pengalaman masa lalu yang menimbulkan Trauma.
Oh iya sedikit informasi mengenai Tittle ataupun judul yang dibuat oleh elizabeth wurtzel adalah Nama sebuah obat anti depresan, Prozac adalah obat golongan keras yang dikhususkan bagi pasien terapi yang mengalami depresi berlebihan. Mungkin kalian bisa memahami maksud dari elizabeth kenapa membuat title buku nya dengan slogan "  Prozac Nation " Diakhir Filmnya.

- Beautiful Boy ( 2018 ) 

Director : Felix Van Groeningen

Beautiful boy adalah sebuah movie yang diadaptasi dari sebuah Novel Biografi yang ditulis oleh " David Sheff " Dengan Judul  ' Beautiful Boy : A Father's Journey Through His Son's Addiction '. 

Synopsis : 

Bercerita tentang sebuah keluarga dan anak laki - laki kesayangan dari David Sheff ( Steve Carell ) yang semenjak beranjak dewasa mulai kecanduan dengan segala jenis narkotika. Nicholas Sheff ( Timothee Chalamet ) adalah anak dari david sheff yang mulai ber-eksplorasi dengan narkoba ketika ia meminta untuk dikuliahkan oleh ayahnya yang dimana Ayah nic telah bercerai oleh ibu kandung nic dan kedua orang tua kandungnya ini telah memiliki keluarga barunya masing - masing. Ayah nic mulai menyadari bahwa nic adalah seorang pecandu dan dia berusaha menolong anaknya tersebut untuk keluar dari sifat candunya agar ia tidak berujung kepada kehancuran. 

Sedikit synopsis yang bisa saya sampaikan, Kalau menurut saya sendiri Movie ini  adalah sebuah hasil presentase dari pengalaman batin dari sang anak dan ayahnya yang membantu dengan penuh kasih sayang agar anaknya tersebut dapat keluar dari kehancuran hidupnya tersebut. Kalau saya sendiri melihat karakter Nic, Nic sebenarnya adalah seorang anak laki - laki yang ingin keluarga awalnya itu dapat harmonis dan kembali menjadi satu keluarga lagi. Namun karena kedua orang tua kandungnya telah bercerai dan memiliki keluarga baru jadi hal tersebut tidak dapat dihujudkan dan Nic terlanjur terlena dengan efek candu dari Narkotika yang ia pakai. Jadi jikalau saya berpendapat bahwa Movie Beautiful Boy ini adalah salah satu movie yang menonjolkan sangat jelas bahwa ketidak harmonisan suatu Keluarga dapat berpengaruh sangat besar bagi kesehatan Mental, Dan Pokoknya ini movie wajib tonton yah !!

- Honey Boy ( 2019 ) 

Director : Alma Har'el

Honey Boy Adalah sebuah Film hasil Interprestasi dari aktor ShiaLaBeouf semasa kecilnya yang mengalami Tekanan dalam kehidupannya, Yang dimana kedua orang tuanya bercerai dan ia di besarkan oleh ayahnya saja yang latar belakangnya adalah bekas mantan pecandu Narkoba dan Alkoholic. Lebih tepatnya Film ini didedikasikan untuk Ayah dari ShiaLaBeouf dan juga Film Honey Boy bisa disebut sebagai Film Semi oto-biografi dari ShiaLaBeouf Tentang Hal - Hal yang telah ia lalui dalam perjalanan Hidupnya.

Synopsis : 

Karakter utama pada film ini ialah Ottis ( Noah Jupe,Lucas Hedges ) seorang Anak sematawayang yang bergelut dalam dunia entertainment tepatnya sebagai seorang aktor sejak ia masih Kanak - kanak. Dan ayah nya James Lort ( ShiaLaBeouf  ) Seorang mantan badut Rodeo dan seorang pecandu alkohol. Menceritakan tentang ottis dewasa yang mengalami insiden sehingga ia harus di tempatkan dalam suatu lembaga kesehatan Jiwa, Untuk direhabilitasi dari gangguan mental atau traumatis dari masa kecilnya yang membuat ia yang sekarang tidak dapat mengontrol emosinya,Atau lebih tepatnya ia mengalami Gangguan Bipolar ( Bipolar Disorder ).

Bagi  kalian yang ingin mengetahui apa itu Bipolar Disorder kalian bisa mempelajarinya dari Film Honey Boy ini,  Karena pada film ini memperlihatkan sangat jelas bentuk suatu gejala ataupun gangguan dari seseorang yang mengalami Bipolar Disorder.

- The Peanut Butter Falcon ( 2019 ) 

Directors : Michael Schwartz, Tyler Nilson

The Peanut Butter Falcon Disutradarai oleh dua orang yaitu Michael Schwartz dan Tyler Nilson, Film ini sangat pas saya masukin dalam kategori Bipolar Disorder Movie Karena Alur cerita nya yang mengkisahkan seorang Laki - laki yang mengidap Down Syndrome

Diperankan Oleh Zack Gottsagen ( Zak ), Zak adalah seorang pengidap Down Syndrome yang mencoba melarikan diri dari perawatannya dipanti asuhan untuk mengwujudkan mimpinya menjadi seorang pegulat. Ia melarikan diri dari panti asuhan untuk bertemu dengan idolanya yang seorang pegulat profesional yaitu The Salt Water Redneck ( Thomas Haden Church ), Ketika dalam perjalanan pelariannya Zak bertemu dengan Tyler ( Shia LaBeouf ) Yang dimana nanti Zak akan ditemani olehnya untuk bertemu dengan idolanya Tsb. 

Diatas adalah sedikit sinopsis yang bisa saya jelaskan, Selebihnya Film ini sangat cocok deh untuk di tonton.


Kelima Movie diatas sangat cocok untuk ditonton bagi kalian yang suka kulik - kulik Movie, Beberapa dari movie diatas adalah biografi movie yang diangkat dari kisah nyata yang benar - benar terjadi kepada si penulis. Dan juga kelima movie diatas ini banyak memberikan pelajaran kepada kita mengenai pentingnya mengetahui bahaya gangguan kesehatan mental bagi kehidupan bersosial.

No comments:

Post a Comment