5 Movie Sejarah Kekejaman Nazi Pada World War II | List Of Best Recommended Holocaust Film - TheStoneman

Sunday, July 30, 2017

5 Movie Sejarah Kekejaman Nazi Pada World War II | List Of Best Recommended Holocaust Film

5 Movie Sejarah Kekejaman Nazi Pada World War II, Best Rekomendasi Dari Beberapa Historical War Drama Movie  Tentang Kekejaman Nazi Terhadap Yahudi.


Hari ini saya bakalan bahas dan memberikan beberapa reffrensi Film tentang Sejarah Kelam yang terjadi pada Perang dunia ke 2 Yang khususnya Melanda negara - negara eropa seperti German,Polland,France,dll.  Tentunya List holocaust film yang bakal saya bahas kali ini adalah Best Rekomendasi dari beberapa Historical War Drama Movie  tentang kekejaman yang dilakukan oleh Tentara German (Nazi).


Film - Film yang akan saya share ini Mengandung unsur - unsur kekejaman Manusia pada era itu, Khususnya dialami bagi para Kaum Yahudi.Okey sebelum saya memasuki topik ada baiknya saya menjelaskan sedikit history Ketika Perang Dunia ke 2 berlangsung, Perang dunia ke 2 adalah perang global besar - besaran yang terjadi pada tiap - tiap negara Asia maupun Eropa, Yang berlangsung dari tahun 1939 - 1945. Perang ini terbagi menjadi dua aliansi militer yang saling bertentangan yaitu Aliansi Sekutu dan Aliansi Poros. Aliansi sekutu ialah 4 Negara besar yang berperang bersama untuk menaklukan aliansi poros.Dan German membentuk sebuah aliansi  bersama italia yang disebut Poros. Demikian adalah sedikit kilas balik mengenai Sejarah perang dunia ke 2.

Dari beberapa film Perang yang beredar, Film yang akan saya share ini lebih mengarah kepada Tragedy kekejaman yang di lakukan Nazi kepada Kaum Yahudi. Okey langsung saja ke topik utamanya, Dibawah ini : 

1. Schindler's List ( 1993 ) 


Director : Steven Spielberg 

" Schindler's List " Film Non Fiksi - Biografi yang di adaptasi dari Karya Thomas Keneally, Berjudul     " Schindler's Ark ( 1982 ) " .


Pemeran Utama Film ini Oskar Schindler ( Liam Neeson ) Adalah  Seorang Pengusaha, Oskar baru saja tiba di krakow (Polandia ) 1939. Ia mencoba keberuntungannya untuk membuka pabrik Logam ketika Perang Dunia ke 2 ingin berlangsung pada saat itu, Ia membangun relasi dan bergabung dengan Partai Nazi demi keamanaan Politik pada saat itu. 

Sejujurnya awal kepentingan Oskar adalah memanfaatkan peperangan dengan membuka Pabrik demi mendapatkan keuntungan yang lebih besar, Karena disaat Perang Bisnis adalah Kunci kesuksessan.Oskar pun mulai merekrut para pekerja dan banyak mempekerjakan Kaum Yahudi di pabriknya, ketika itu ia tidak menyadari bahwa oskar telah banyak berjasa bagi Kaum yahudi karena telah mempekerjakan mereka di pabriknya,Namun ketika pemusnahan terhadap orang - orang yahudi mulai dilakukan di krakow Gheto.Ia menyadari bahwa kekejaman yang dilakukan Nazi pada saat itu sudah melewati kodrat kemanusiaan, Ia pun melerai pihak Nazi untuk menjemput paksa pekerjanya dengan alasan agar Pabrik beserta bisnisnya dapat terus ber-operasi, Bukan hanya menyelamatkan Bisnisnya saja melainkan oskar juga menyelamatkan banyak nyawa orang Yahudi yang tak bersalah Pada saat perang itu berlangsung.


2. Playing For Time ( 1980 ) 


Director : Daniel Mann 

Playing For Time adalah sebuah Film yang diangkat dari sebuah buku harian yang ditulis oleh Fania Fenelon,Ia adalah seorang pianis beserta penyanyi. Seperti yang sudah saya jelaskan Film ini diangkat dari sebuah buku harian yang sudah di terbitkan menjadi sebuah Buku yang Berjudul " Playing For Time ( 1977 ) ".

Playing For Time dahulu pernah tayang sebagai Suatu Film Festival pada televisi di stasiun CBS pada tahun 1980 Silam, Diangkat dari kisah nyata berdasarkan buku harian Fania fenelon. Fania fenelon diperankan oleh Vanessa Redgrave, Seorang Penyanyi berdarah Yahudi yang melewati masa kelam selama PD 2. Pada serial movie ini memang terdapat kesamaan dengan cerita Film yang akan saya jelasin dibawah. Fania fenelon mencoba bertahan pada situasi yang sudah di ambang batasnya pada saat itu Namun Tuhan besertanya pada saat itu dan menuntunnya melewati fase kekejaman itu. 


3. Life Is  Beatiful ( 1997 ) 


Director : Roberto Benigni

Salah satu Film terbaik, dari beberapa Film lainnya yang akan saya bahas pada topik kali ini. Roberto Benigni selaku director pada film ini Nampaknya mengambil peran juga sebagai pemeran utama yaitu berperan sebagai Guido Orefice ( Roberto Benigni ), Guido adalah seorang laki - laki berkebangsaan Itali dan berdarah Yahudi. 

Berawal dari cerita guido yang menjalankan kehidupan sehari - harinya, Mulai dari bekerja sebagai Pelayan restoran dan bahkan sampai ia berhasil meluluhkan hati seorang perempuan bernama Dora ( Nicoletta Braschi ), Guido adalah seorang yang humoris dan baik hati sampai akhir hayat hidupnya. Guido dan Dora di karuniai seorang anak laki laki yang super lucu dan pintar bernama Giosue ( Giorgio Cantarini ).

Ketika Keluarga Guido berada di puncak Kebahagian yang sedang berlangsung kala itu harus terhenti dikarenakan telah mulai berlangsung penjemputan bagi kaum yahudi untuk di pindahkan kekamp penahanan oleh pihak militer, Dan guido serta anak laki - laki nya harus ikut dibawa ke kamp penahanan tersebut. Demi melindungi Putranya tersebut dari realita kekejaman pada saat itu Guido mengerahkan segala Humor dan mencoba menutup - nutupi kekelaman yang ia derita selama di Kamp tersebut, Agar Putra semata wayangnya percaya bahwa dikamp tersebut ayahnya beserta para tahanan lainnya sedang melakukan sebuah Permainan.


4. The Pianist ( 2002 ) 


Director : Roman Polanski


The Pianist adalah Film yang diangkat dari buku  " The Pianist : The extraordinary True Story Of One Man's  Survival In Warsaw, 1939-1945 " Ditulis oleh Wladyslaw Szpilman Seorang pianis dan juga komposer yang berdarah Yahudi - Polandia.

Film ini merupakah salah satu yang terbaik juga dari beberapa Film lainnya, Diangkat dari kisah seorang Pianis yaitu Wladsylaw Szpilman Yang mencoba bertahan hidup ketika Perang Dunia berlangsung. Sama Seperti Film " Schindler List " dan Ketiga Film diatas pastinya, Namun gambaran ataupun Perspektif pada Film The Pianist ini agak menonjolkan sedikit perbedaan Yaitu Belas kasih. Dan juga pada Film ini Kalian akan menemukan sebuah Asumsi yang berasal dari pola pikir kalian masing - masing, Bahwa Ketika Perang berlangsung ada beberapa Kaum yang diuntungkan dan dirugikan.

Pada Film ini Wladyslaw Szpilman berhasil menghindar dari kamp pemusnahan treblinka, Ia terpisah dari keluarganya di warsaw Ghetto. Seperti yang sudah saya jelaskan diataskan bahwa wladyslaw ini mendapat belas kasih ataupun bantuan dari kenalannya yang notabennya adalah kalangan atas ( Rich people ) Bahkan Ia dibantu oleh  Wilm Hosenfeld Kapten Pasukan German yang mengaggumi permainan Pianonya, Wladyslaw pun akhirnya bertahan hidup dan menyaksikan peperangan kemanusiaan yang sedang terjadi di polandia kala itu. 


5. The Boy In The Striped Pajamas ( 2008 ) 


Director : Mark Herman

Diangkat dari sebuah Novel yang di tulis oleh John Boyne dengan judul yang sama,Dan Film ini disutradarai oleh Mark Herman. 

The Boy in the striped Pajamas ini kalau menurut saya agak berbeda sudut pandang dari ke 4 movie diatas, Kalau pada Film yang satu ini mengambil sudut pandang dari pihak Nazi. Yang dimana tokoh utama didalam Film ini adalah seorang anak Laki - laki yang bernama bruno, Bruno adalah anak dari Ralf dan Elsa. Bruno adalah anak yang polos, Ia mempunyai impian sebagai seorang penjelajah.

Karena kepolosan bruno dan rasa ingin tahu bruno sangat tinggi mengenai perang yang sedang berlangsung pada saat itu, Ia mencoba keluar dari rumahnya yang dekat dengan kamp penampungan Yahudi yang dimana ayahnya memimpin Kamp tersebut,Dan ia pun bertemu dengan seorang anak laki - laki bernama Shmuel ( Jack Scanlon ) dari kamp tersebut yang mengenakan Pajamas. Bruno pun penasaran dan bersahabat dengan anak laki - laki itu melalui pagar pembatas mereka bercerita dan mencari tahu kebenaran menyedihkan mengenai Kamp penampungan tersebut.


Kelima Movie diatas adalah Movie pilihan saya untuk di rekomendasikan, yang dimana Movie - movie diatas adalah movie dengan Rating diatas rata - rata, Banyak pelajaran yang bisa di ambil dari movie diatas tetapi kita harus ingat Film - film mengenai Perang Dunia ke 2 ini juga bisa jadi adalah sebuah Propaganda yang dimana kedua belah pihak saling mengungkapkan kebenaran untuk mempengaruhi ataupun mengorek Luka lama. Oke deh cukup sampai sini saja penjelasan saya, Selamat Menikmati Rekomendasi Movie perang.

No comments:

Post a Comment