6 List Cult Classic Horror Movie, Have Ever You See ? -TheStoneman

Friday, May 10, 2019

6 List Cult Classic Horror Movie, Have Ever You See ?

6 List Cult Classic Horor Movie - Rekomendasi Cult Classic Horor Film,Psychological Horor Yang Disertai Synopsis & Summary  Yang Menyeramkan.



Horor movie #2 - Yow kali ini stoneman balik lagi nih  untuk memberikan informasi  seputar movie horor yang wajib kalian tonton ! bagi yang suka mengulik movie khususnya horor movie kalian wajib tonton ini movie, Walaupun beberapa ada yang underrated tetapi tidak kalah bagus dengan movie - movie yang ber-rating besar. Seperti yang kita tahu dari banyaknya movie horor yang ber-edar dari tahun 1980-2018 tidak semua dapat kita dapati film yang benar - benar seram dan menegangkan, dari yang sudah saya kulik sih rata - rata tahun ke-emasan horor movie itu ada di tahun 1980-an sampai 2000-an, Setelah memasuki 2010 hingga sekarang terjadi banyak perubahan dalam movie horor mungkin dikarenakan sudah terlalu banyak sutradara sekarang yang membuat ataupun menggarap movie horor instan yang rata - rata tidak berdasarkan novel - novel horor seperti film - film horor tahun 80-an. 

Tetapi dari banyak nya movie horor yang ber-edar sekarang tidak semua nya jelek kok, Ada beberapa yang underrated tetapi nuansa beserta story telling nya tidak kalah bagus dengan movie - movie horor jaman dulu. Yok dari pada banyak cakap langsung saja simak beberapa list movie horor yang sudah saya sajikan dibawah ini : 


- The Fog ( 1980 ) 

Directors : John Carpenter 

The Fog 1980 adalah salah satu dari cult supernatural horor movie yang di garap  oleh john carpenter, Movie ini adalah salah satu yang terbaik dari beberapa movie horor yang john carpenter garap. Movie - movie yang john carpenter buat tidak pernah mengecewakan audience, salah satunya yah The fog 1980 ini ! 

The fog sendiri ialah thriller horor movie kedua yang di garap oleh john carpenter setelah halloween yang lebih dulu melambung dan menjadi movie yang fenomenal dikalangan audience hingga sampai saat ini. Namun tidak kalah dengan halloween, Movie the fog ini mempunyai energy dan gaya yang berbeda, Dengan setup story baseline yang beralokasikan pada sebuah kota kecil di sebuah perbatasan pelabuhan membuat movie ini tidak kalah entrik dari movie fenomenal john carpenter sendiri yaitu halloween. 

Sinopsis :

The fog mengkisahkan tentang sebuah kutukan yang menimpa dan melanda sebuah kota yang terletak pada pesisir pantai yang bernama antonio bay, Dengan diawali oleh seorang old sailor yang sedang menceritakan sebuah legenda yang pernah terjadi pada antonio bay kepada sekelompok anak - anak ditengah sebuah api unggun dengan suasana malam yang pekat:  Pelaut tua tersebut mengkisahkan tentang  kota kecil antonio bay yang sudah berdiri pada 100 tahun yang lalu itu pernah mengalami sebuah kisah tragis yang menimpa sekelompok pelaut yang kapalnya tersesat di tengah laut akibat kemunculan sebuah kabut tebal. 

Dengan dibintangi oleh beberapa aktor senior yang aktif sejak tahun 70 an, Seperti Adrienne Barbeau ( Stevie wayne ), Tom Atkins ( Nick Castle ), Jamie Lee Curtis, Janet Leigh ( Kathy Williams ) yang tentunya akan membuat movie ini terlihat seperti classic horor dengan adanya aktor - aktor muda pada era tsb.


- Dead & Buried ( 1981 ) 

Directors : Gary Sherman 

Dead and buried 1981, Movie yang fenomenal yang di garap oleh gary sherman ini tidak kalah mengerikan dengan movie - movie garapan john carpenter. Movie ini juga termasuk salah satu dari cult classic movie yang memang pada tahun 80-an movie seperti ini banyak digemari oleh para audience pada kala itu bahkan sampai sekarang. 

Dead & Burried sendiri bukanlah movie horor biasa, karena naskah movie ini ditulis oleh Dan O'Bannon & Ronald Shusett yang tentunya kedua orang ini adalah penulis bersejarah dalam rana horor. Bukan hanya itu movie Dead & Buried ini juga bukan hanya memberikan kesan yang menyeramkan saja, Melainkan kita dibuat penasaran akan misteri dan kejanggalan oleh semua karakter yang terdapat pada movie ini.Oh ya movie ini banyak sekali mendapat kritikan dan sempat di banned dengan alasan " video nasty " untuk ditayangkan di UK dikarenakan konten violent yang begitu mengerikan sehingga banyak menimbulkan tanggapan yang tidak menyenangkan dari para kritikus film.

Sinopsis : 

Dead & Burried menceritakan tentang sebuah desa kecil yang bernama potter's bluff yang berada di daerah pesisir amerika.Awal mula movie ini dibuka dengan seorang fotografer yang sedang berada di potter's bluff, ia memarkirkan mobilnya di pesisir pantai untuk mengambil beberapa foto pemandangan yang ada disana, Lalu tiba - tiba datanglah seorang wanita muda yang menggoda fotografer tersebut dengan pesonanya. Lalu setelah itu datanglah segerombol penduduk desa yang tiba - tiba menghakimi si fotografer tersebut tanpa alasan dengan sangat emosional dan lalu membakar tubuh fotografer tersebut yang masih hidup. 

Movie ini banyak sekali memberikan kejanggalan dan metode - metode yang mengerikan  untuk dipahami sehingga kita sebagai audience tidak ada henti - hentinya untuk menontonnya ber-ulang kali.


- Prince Of Darkness ( 1987 )

Directors : John Carpenter 

Prince Of Darkness adalah movie supernatural horor yang digarap oleh John Carpenter ini adalah salah satu jebolan terbaik supernatural horor yang di combine dengan science. Base story beserta screenwriting pada movie ini rupanya juga hasil dari pemikiran john carpenter sendiri, Siapa yang tidak mengenal John Carpenter sebagai sutradarawan multi fungsi yang khususnya dikenal sebagai seorang sutradara yang menekuni genre science  fiction & horor classics pada tahun 1970 - 1980 akhir,Dia  sangat berpengaruh bagi perkembangan cult classics movie pada kala itu.

John Carpenter sendiri adalah seorang yang begitu tekun pada setiap progress pembuatan filmnya, Ia juga mengcompose sendiri theme soundtrack music pada beberapa movie yang ia buat dan dijadikan album. Beliau sangat kompenten dan serius sehingga carrernya bergerak naik secara progresive.

Prince Of Darkness sendiri tentunya bukan sekedar movie supernatural horor biasanya, Karena movie ini dikategorikan sebagai apocalypse trilogy oleh john carpenter, Yang dimana ini adalah sequel keduanya dari The Fog ( 1980 ). Oh ya sedikit penjelasan Apocalypse trilogy john carpenter ini dia bukan serial movie berkelanjutan melainkan 3 movie dengan cerita berbeda namun set dan penggambaran ceritanya mengarah kepada kehancuran.Dan Ketika kalian menontonnya kalian diberi penglihatan kengerian dari sebuah bentuk kemajuan berpikir oleh John Carpenter. Dengan Dibintangi oleh beberapa aktor senior yang akan membuat audience terkagum dengan akting serta paras aktor tahun 80-an yang classic.

Sinopsis : 

Prince of darkness Menceritakan tentang sekumpulan group peniliti yang di undang oleh seorang pendeta ( Donald Pleasence ) serta seorang ilmuwan fisika kuantum Professor Howard Birack ( Victor Wong ), Para peneliti beserta beberapa ilmuwan yang mempunyai kemampuan dalam bidang sains diundang untuk meneliti didalam gereja kuno yang dulu di jaga oleh pendeta tua  yang diawal scene movie pendeta tua ini menghembuskan nafas terakhirnya dan meninggalkan sebuah buku diary di tangannya serta sebuah kunci antik yang ia jaga selama mengabdi di gereja kuno tsb. 

Kunci antik tersebut adalah sebuah kunci yang dijaga secara turun temurun oleh para pendeta yang terpilih sebagai penjaga pintu dari sebuah sekte rahasia yaitu " Brotherhood Of Sleep ". Ketika pastur donald yang baru saja mengetahui bahwa ada sebuah ruangan bawah tanah yang terdapat pada gereja tersebut dan hanya kunci yang ditinggalkan oleh pendahulunya yang bisa membuka pintu tersebut, Dan setelah pendeta membaca diary dari peninggalan pendahulunya alur cerita pada movie ini pun semakin mengkecam. 

Movie Prince Of Darkness ini sangat kental pada penggambaran iblis yang ingin mendominasi dunia yang dikemas dalam bentuk narasi yang futuristik dan tentunya bisa dicerna secara logis.

- My Bloody Valentine ( 1981 ) 

Directors : George Mihalka 

My Bloody Valentine ( 1981 ), Movie yang satu ini adalah Slasher horor movie yang mengambil tema Valentine day.Movie My Bloody Valentine ini digarap oleh George Mihalka yang namanya lumayan dikenal pada skena horor akibat movie pertamanya yang begitu fenomenal dikalangan penggemar cult classic movie yaitu My Bloody Valentine ( 1981 ). 

Dengan mengambil tema hari valentine, Movie ini menjadi salah satu pelopor dari perkembangan skena slasher horor movie yang pada tahun 1980 awal mulai banyak bermunculan dan bersaing dalam skena slasher horor dengan membuat movie - movie yang berisi pembunuhan brutal yang tentunya menyeramkan dan yang terutama ialah unpredictable, Contohnya ialah My Bloody Valentine yang alur ceritanya sangat susah ditebak.


- In The Mouth Of madness ( 1994 ) 

Directors : John Carpenter 

Movie  yang di direct oleh John carpenter ini  disebut sebagai " Appocalypse Trilogy ",Bisa dibilang john carpenter ini seperti seorang yang empunyai penglihatan spesial dalam membuat movie Psychological horor seperti ini, karena menurut opini saya In The Mouth Of Madness ini akan membawa kita sebagai audience kedalam kengerian dari sebuah teori  kehancuran  jika manusia tidak mempunyai kesadaran akan dirinya sendiri. John Carpenter mengkemasnya dengan sebutan 'Appocalypse trilogy yang di awali dengan movie pertamanya yaitu The Thing 1982 dan disusul dengan Prince Of Darkness 1987. 

Ketiga movie ini adalah sebuah penggambaran hari kiamat dimasa lalu,kini,dan masa depan, Jikalau saya boleh menyimpulkan mengenai movie IN THE MOUTH OF MADNEES tergolong ngeri untuk dibayangkan. Dengan di bintangi oleh Sam Neill ( John Trent ), Jurgen Prochnow ( Sutter Cane ), Julie Carmen ( Linda Styles ) 3 karakter inti yang akan membawa kita kedalam ketakutan luarbiasa sehingga dapat mengganggu jalinan hubungan harmonis antara manusia dengan sang Pencipta. 

- Session 9 ( 2001 ) 

Directors : Brad Anderson

Session 9 ( 2001 ) adalah sebuah Psychological Horor movie yang di garap oleh sutrada yang dikenal jenius dengan gaya screen writing yang lumayan rumit pada tahun 2000-an, Ia adalah Brad Anderson. Session 9 ini bisa dibilang salah satu garapannya yang berhasil melegit dikarenakan dia meng-combine unsur - unsur menyeramkan ( Horor ) dengan pyschologic fiction sehingga narrative yang terbentuk terkesan meneggangkan serta menimbulkan rasa penasaran yang begitu menghantui bagi audience.

Penyampaian cerita pada movie ini pun terkesan komplex sehingga menimbulkan atmosphere yang menyeramkan, Literatur pada storynya pun dimuat dengan sangat jelas pada tiap - tiap karakter yang mempunyai latar belakang dan kondisi psikis masing - masing. terlebih lagi pada karakter utamanya yaitu gordon fleming ( peter mullan ). 

Sinopsis : 

Dengan dibintangi oleh Gordon Fleming ( Peter Mullan ) ,  Phill ( David Caruso ) , Hank ( Josh Lucas ) , Jeff ( Brendan Sexton III ), Diawali dengan scene gordon dan phill yang sedang berada didalam sebuah mobil untuk menunggu kedatangan seorang juru pembimbing yang akan membimbing mereka ke sebuah bangunan rumah sakit jiwa yang telah lama terlantar sejak 1985. 

Perlu di ketahui karakter gordon disini adalah karakter utama yang sedang mengalami krisis keuangan dan teman baiknya phill disini terlihat sangat supportif kepadanya. Gordon pun memanggil timnya untuk membantunya dalam pengerjaan membersihkan abses pada bagian rumah sakit yang telah usang.
 
Dengan dijejali nuansa seram dan penuh misteri yang terdapat pada rumah sakit ini, membuat gordon berserta crew nya menjadi tidak bersahabat akibat cerita kelam rumah sakit jiwa tersebut yang rata - rata pasien yang dulu pernah dirawat disini adalah pengidap skizofernia dan juga gangguan kejiwaan yang lumayan ekstrim. 

Bagi saya movie ini tuh creepy banget dan unpredictable,karena kelima karakter dan persahabatan yang terjalin antara gordon dan phill  mulai tidak saling percaya karena kehilangan satu rekan mereka yang hilang secara misterius pada rumah sakit tsb.

Ketegangan yang menyelimuti pada tiap alur cerita movie ini tidak ada hentinya sehingga menimbulkan kesan yang begitu traumatis jika kita menonton. 

- Jack Goes Home ( 2016 ) 

Directors : Thomas Dekker 

Jack Goes Home adalah sebuah psychological horor movie kalau menurut saya,yang ditulis dan digarap oleh Thomas dekker. Movie ini dibuat dan bergerak secara independent kalian bisa lihat saja dari intro awal dan akhir pada filmnya, Bisa di bilang movie ini underrate film dikarenakan proses pembuatannya yang low budget. Namun walaupun masuk kategori underrated movie, Movie ini tidak kalah seram dengan movie - movie diatas karena alur cerita movie Jack Goes Home ini begitu kelam, dan cara peyampaian narasi kilas balik yang di tunjukan pada pertengahan movie ini membuat perasaan kita di mix dengan plot twist nya yang unpredictable sehingga membuat movie ini berkesan.

Dan terlebih lagi movie ini bisa banyak di kenal oleh kalangan pecinta horor pada tahun - tahun 2016 mungkin dikarenakan 1 aktor yang mengambil  peran penting pada movie ini yaitu Lin Shaye ( Teresa ) yang sudah banyak dikenal oleh prestasinya dalam movie insidious sebagai ahli spiritual pada movie tsb, Aktor Lin Shaye ini memang cukup berdampak dalam melakoni perannya di film - film horor dan mulai di kenal pada tahun 2010-an. Dan Pada movie ini ia berperan sebagai seorang ibu yang galak dari pemeran utama yaitu Jack ( Rory Culkin ) 


###
Bagi kalian yang ingin ngulik - ngulik Movie horor jadul yang memang menjadi pioner pada jaman dulu tepatnya tahun 70 sampai 80 an Kalian Bisa baca artikelnya dibawah ini >>

Horor Movie Recomendation

No comments:

Post a Comment