Birdy 1984 | A Very Strange And Inspirational Movie | Stoneman Review - TheStoneman

Wednesday, October 13, 2021

Birdy 1984 | A Very Strange And Inspirational Movie | Stoneman Review

Birdy 1984 Film Review,Sebuah Inspirasional Movies Dengan Aktor Legend Nicolas Cage Dan Matthew Modine Yang Di Garap Oleh Sutrada Gokil Alan Parker.


Birdy ( 1984 ) ***

Birdy 1984 Movie yang satu ini tentunya terlihat begitu asing dari judulnya, tetapi jangan tertipu oleh judulnya yang terdengar weird. Sebab movie ini adalah sebuah Psychologic Drama yang digarap oleh sutradara ternama yaitu Alan Parker, Jauh sebelum birdy 1984 Alan parker adalah Director yang di kenal sebagai seorang yang menekuni banyak genre. Tak hanya Drama, War, Maupun Crime, Ia juga dikenal sebagai penggarap film drama musical psikologis dari band Psychedelic rock legendaris  yaitu 'Pink Floyd'. 

Yup Dialah Alan Parker, Seorang penggarap yang se-era dengan Steven Spielberg,John Carpenter,Oliver Stone. Dari era - era mereka inilah kita dapat menjumpai beberapa movie legendaris termasuk Birdy 1984 ini yang akan memberikan kita pencerahan disertai sudut pandang yang baru akan sesuatu.

Movie Birdy 1984 yang Alan Parker garap ini sedikit berbeda dengan movie - movie lain yang ia garap, Seperti yang kita tahu Semua film garapan Alan Parker memang agak liar dan rumit untuk dipahami, dari segi pengkemasan visual dan juga gaya bercerita Alan parker mempunyai ciri khas dan kengerian intelektual dalam meng-interprestasikan setiap movie garapannya termasuk Birdy 1984 ini. 

Movie Birdy 1984 sendiri rupanya adalah hasil adaptasi dari sebuah novel Sastra Fiction yang di tulis oleh seorang novelis sastra fiction dari Philadelphia,amerika yaitu William Wharton. Namanya berhasil melegit ketika ia merilis novel pertamanya yaitu Birdy 1978 yang mendapatkan predikat  pada ajang U.S National Book Award dalam kategori First Novel terbaik, Yang lalu diadaptasikan kedalam bentuk visual dan dijadikan movie dengan durasi 2 Jam layaknya film biography dengan judul yang sama pada tahun 1984. 

Birdy 1984 ini sejujurnya  bertemakan tentang war drama pada perang vietnam tahun 1960-an,Akan tetapi Movie garapan Alan Parker yang satu ini agak berbeda dengan film Vietnam war yang beredar pada eranya, Tidak seperti Sutrada lain yang biasanya menampilkan adegan action peperangan yang sedang berlangsung kala itu. Alan Parker mengkemas movie ini kedalam makna yang lebih mendalam lagi dengan membuat sebuah alternative story  mengenai dampak dari peperangan tersebut terhadap kesehatan mental Pemuda amerika yang berhasil selamat dari peperangan tersebut. Walaupun diangkat dari Novel Sastra Fiction yang membahas tentang sebuah kebebasan dan obsesi disertai imaginasi yang luas, Alan Parker meng-implementasikan novel karya sastra tersebut menjadi sebuah Film yang di penuhi dengan banyak arti, salah satu point yang berhasil saya analisa ialah menjelaskan tentang sebuah proses kehidupan.

Synopsis & Interpretation****

Dengan mengtemakan peperangan vietnam sebagai latar belakang story, Movie ini sebenarnya bukanlah film perang melainkan menceritakan tentang 2 sahabat dengan ketertarikan yang berbeda dalam menjalani hidup. Dua Karakter ini ialah Birdy dan Al Columbato yang di perankan oleh 2 aktor senior legendaris yaitu Matthew Modine dan Nicolas Cage. Kedua aktor senior legendaris ini lah yang akan berlakon  memerankan karakter Birdy ( Matthew Modine ) & Al Columbato ( Nicolas Cage ) yang tentunya akting mereka dalam memerankan karakternya masing - masing terlihat begitu perfect dalam memainkan serta mendalami expresinya. 

Birdy 1984 | A Very Strange And Inspirational Movie | Stoneman Review


Birdy sendiri adalah karakter yang bisa di bilang agak sedikit berbeda dan aneh, Aneh dalam tipikal artian mempunyai sudut pandang dan obsesi yang berbeda dalam menjalani hidup,Tepatnya ia terpesona dan ter-obsesi dengan kehidupan se-ekor burung dan ingin mempunyai kebebasan layaknya burung.  Sedang kan Al Columbato adalah karakter yang mempunyai jiwa yang kuat dan prinsip hidup normal layaknya kahlayak umum.

Scene bermula pada narasi utama yaitu Al yang baru saja berhasil pulang dari medan peperang di vietnam, dengan luka dalam dikepalanya sehingga kepalanya harus di perban. Setelah itu AL pergi menemui Birdy yang juga berhasil selamat dari peperangan tersebut.  Berbeda dengan AL yang mendapatkan luka dikepala, Nampaknya birdy mendapatkan luka yang begitu traumatis semasa perang yang ia alami, Sehingga ia harus di tempatkan di rumah sakit kejiwaan.Ia mendapati gangguan kejiwaan dan perubahan tingkah laku aneh  setelah selamat dari perang tersebut. 

****



Setelah itu kita di hadapkan pada flashback yang akan membawa kita kepada kisah ke-akraban 2 sahabat pada masa lalunya sebelum mereka menjadi sukarelawan untuk berperang divietnam. Pada tiap - tiap flashback yang diselipkan pada narasi utama, Kita akan selalu mendapati sebuah pengungkapan yang baru seiring berjalannya cerita. Entah kenapa saya beranggapan bahwa  film ini juga mempunyai unsur Psychologis didalamnya karena nalar serta pikiran kita akan selalu di perbaharui ketika menonton film birdy ini.Mungkin karena alur ceritanya yang makin lama makin liar sehingga dapat dikatakan sebagai psikologis film,terlebih lagi kepada Karakter Birdy yang makin lama ia semakin ter-obsesi untuk hidup layaknya se-ekor burung.

Penggarapan visual dan story Birdy yang dilakukan oleh Alan Parker patut kita acungi jempol, Karena Cara penyampaian narasi dan juga gaya bercerita pada plot film ini di buat dengan sangat unik yaitu Parker mengcombine Flashback sambil menyelipkan narasi utama  pada setiap alur filmnya. Dan tak hanya itu penggambaran visual serta transisi nya pun dibuat layaknya seperti movie - movie classic pada era tersebut. 

Tapi ada satu hal lagi yang harus kalian ketahui kenapa saya nge-review film ini ! Tentunya yang membuat movie ini lebih fantastic lagi ialah penggarap soundtrack untuk backsound film ini ialah Peter Gabriel, Salah satu seorang musisi dan anggota Band yang begitu berdampak sekali pada Sin musik progressive rock. Dengan dukungan sound effect yang di compose oleh Peter gabriel membuat film ini terkesan lebih liar lagi walaupun seperti yang kita tahu Based Storynya saja sudah sangat wilder,hahaha. 

For My Final Thought : 

inti narasi yang bisa kita dapat pada movie ini ialah This movie is too well for being commercial, Tau Kenapa ? Karena inilah salah satu inspirational movie terliar yang mempunyai banyak makna didalam penyampaian Story nya. Terlebih lagi untuk karakter Birdy yang di perankan oleh Matthew Modine, Salut atas pendalaman karakter anehnan liarnya  yang dilakukan oleh Matthew, That's it. 

No comments:

Post a Comment