Session 9 ( 2001 ) | Showing The Real Scariest Of Horror ! | Stoneman Review - TheStoneman

Thursday, October 7, 2021

Session 9 ( 2001 ) | Showing The Real Scariest Of Horror ! | Stoneman Review

Sejak Kemunculan Brad Anderson dalam rana industrian perfilman kita dapat menemukan a kind of fresh formula from 80's di tahun 2000-an  | Session 9


Session 9 ( 2001 ) *** 

Sejak Kemunculan Brad Anderson dalam rana industrian perfilman kita dapat menemukan a kind of fresh formula from 80's di tahun 2000-an kala itu hingga sampai saat ini dikarenakan garapan film nya yang begitu lengket dengan genre - genre yang cukup rumit. Ia di kenal sebagai sutradara yang mengfokuskan film garapannya dalam  genre Psychological  dan juga Thriller movie,Walaupun 2 garapan movie pertamanya ialah Next Stop Wonderland 1998 dan Happy Accidents 2000 yang jikalau menurut saya kedua movie ini agak mellow yahh sebelum ia di kenal sebagai sutradara garang hahaha. Dan terlebih lagi sejak ia merilis Movie Psychological Horor Thriller yang berjudul Session 9 ini, Saya merasakan tensi yang baru dari rana horor yang ber-edar tahun 2000-an. 

Sebuah bentuk sinergi yang baru dalam rana horor Session 9 ini rupanya juga banyak mendapat kritikan pedas dari para senior horor, Tapi tak perlu kahwatir sebab movie ini tetap sama menyeramkannya walaupun di kritik mempunyai kesamaan yang mengarah kepada Film Stainley Kubrick yang berjudul The Shining ( 1980 ).  Tetapi sejujurnya kalau menurut hasil analisa liar yang saya temukan sih  sepertinya Brad Anderson ber-reffrensi dan ter-influenza oleh Sutrada Alfred Hitchcock, Sebab ketegangan serta efek paranoia yang di berikan film Session 9 ini hampir - hampir menyamai film - film garapan sutradara legendaris tersebut. 

Back to the topic, Session 9 sendiri adalah sebuah film yang begitu complex untuk dijelaskan sebab per-mainan Cinematography pada film ini agak sedikit nge-tripping dan saik banget sih untuk visualisasikan secara lisan yah. Dan Screen writing beserta narasi pada film ini begitu liar dan un-predictable bagi kita saat pertama kali banget menontonnya, Sebab saya rasa Brad Anderson yang berkolaborasi dengan Stephen Gevedon dalam pembuatan naskahnya mereka sudah jauh di atas level yang berbeda ( Skill menulisnya maksudnya _^ ).

Atmosphere yang diberikan dalam film session 9 ini juga berbeda level ketegangan disertai kengeriannya, Sebab Brad Anderson meng-combine unsur Horor dengan Psychological Thriller sehingga bermutasi menjadi sebuah film horor dengan level horor yang berbeda dari film horor biasanya. Sama layaknya film The Shining, Film Session 9 bukanlah movie yang menampilkan Hantu dalam bentuk fisik, Penggambaran Horor yang dilakukan oleh Brad Anderson lebih mengarah kepada permainan pikiran psikologis yang mengandung teka - teki disertai kengerian didalam narasi yang brad buat,  dengan background cerita yang dilatar belakangi oleh sebuah bangunan bersejarah yang sudah lama tak ber-operasi yaitu Rumah sakit kejiwaan yang bernama Danvers State Mental Hospital Sebagai spot lokasi yang Brad Anderson gunakan pada filmnya, Membuat movie ini terkesan lebih creepy.

Nah dari letak pengambilan Spot lokasi syuting yang ber-alokasikan di sebuah bangunan tua dan bersejarah tsb, Sepertinya Narasi dari Session 9 ini mendasari plot cerita yang mengarah kepada se-seorang ataupun sebuah penyakit yang berhubungan dengan kejiwaan, Pikiran, dan juga mental. Itulah mengapa Film ini disebut Psychological Horor yang penuh dengan teka - teki yang menyangkut kepada 3 hal diatas, ketika audience menonton filmnya. 


**** 

Plot Sederhana : 

Dimulai dengan Karakter Gordon Fleming seorang pemimpin dari kelompok pembersih bangunan tua, Scene bermula kepada Gordon yang sedang di cheering up oleh Phill karena sedang mengalami masa krisis ke-uangan, Dari awal Scene kita sudah di pertunjukan oleh Fuzzy feeling yang mengarah kepada sebuah adegan yang penuh dengan teka - teki oleh sifat ke dua karakter ini yang nantinya  akan membuat audience ambigu dalam memprediksi narasi pada film ini.

Lalu di lanjutkan kepada sebuah bangunan tua yang nantinya akan mereka kerjakan untuk di bersihkan, Dengan Dibintangi 5 orang aktor profesional yang pernah membintangi dalam film - film underrated dengan bermacam - macam genre yang gila ! Mereka adalah David Caruso ( Phil ), Peter Mullan ( Gordon Fleming ) , Josh Lucas ( Hank ) ,Brendan Sexton III ( Jeff ) ,Bahkan Screen writer Stephen Gevedon ( Mike ) pun ikut mengambil peran dalam meliarkan alur cerita Session 9 dengan level ketegangan yang berbeda. 

Kelima karakter inilah yang nantinya akan diselimuti kengerian yang tidak akan pernah terpikirkan dari awal cerita berlangsung, Sebab Brad Anderson mengkemasnya dalam bentuk psikologis yang  di tonjolkan lebih kepada behavior ( tingkah laku ) dari masing - masing karakter, Sehingga membuat kita agak sulit menduga mengarah kemana plot nya ber-ujung. 

**** 

Tak hanya pengkemasan Narasi yang super unpredictable, Semua unsur yang berada dalam film session 9 ini semua di garap dengan sangat baik Terlebih lagi teruntuk pengambilan gambar visualnya yang dibuat seperti film - film classic sehingga menambah kesan kengerian di level yang berbeda.

Saya tidak bisa menjelaskannya secara ringkas untuk kalian sebab kalian wajib menontonnya sendiri bagi yang menyukai Genre Psychological Horor, Dan bagi saya sendiri Film Session 9 ini adalah salah satu film horor terbaik dari beberapa film horor lainnya pada era tahun 2000-an yang menjadi sangat populer dari tahun ke tahun,  Sehingga itu adalah salah satu faktor yang membuat film ini dimasukan dalam list populer Cult Film yang mempunyai penggemar khusus. seperti yang kita tahu pada tahun 2021 ini sudah sulit menemukan movie horor dengan tingkat kengerian yang berbeda pada tahun - tahun ini. 

No comments:

Post a Comment