The Pianist ( 2002 ) Film Review & Synopsis | Most Epic Biographical Surviving Movie | Stoneeman Review - TheStoneman

Monday, August 17, 2020

The Pianist ( 2002 ) Film Review & Synopsis | Most Epic Biographical Surviving Movie | Stoneeman Review

The Pianist ( 2002 ) | Stone Review | The Pianist | Most Epic Biographical Surviving Movie ***  And again we're back on good shit historical war


The Pianist ( 2002 ) | Stone Review | The Pianist | Most Epic Biographical Surviving Movie ***


And again we're back on good shit historical war drama movie yaitu  The Pianist 2002, Aw man Historical war drama movie yang satu ini adalah satu dari beberapa movie yang mengkisahkan tentang perang dunia ke-2 atau lebih tepatnya film yang diangkat dari sejarah masa lalu, Sama layaknya seperti ' Schindler's List ( 1993 ), Playing For Time ( 1980 ), Dan Life Is Beatiful ( 1997 )'". Dari movie - movie tersebut rata - rata bisa dikatakan sebagai satu koneksi yang selaras bahkan bisa dikatakan sebagai movie yang diangkat dari kisah - kisah heroik beserta tragedy yang takan pernah bisa dilupakan.


Begitu pula dengan Film The pianist ini, Film ini adalah film yang diadaptasi dari sebuah novel autobiographical yang mengangkat cerita tentang Wladyslaw SZpilman seorang yang berhasil survive dari kengerian hidup yang ia alami didunia ketika semasa perang dunia ke dua sedang berlangsung di Warsaw,Polandia dari 1939 sampai 1945


Novel ini berjudul The Pianist : The Extraordinary True Story Of One Man's Survival In Warsaw, Novel ini nampaknya berisi kisah yang teramat tragis lihat saja dari judulnya tragis kan ^_^ ! Novel ini diterbitkan pada tahun 1946 oleh Wladyslaw SZpilman sendiri.


Autobiographical novel yang satu ini hampir sama memilukannya dengan novel Schindler's Ark ( Thomas Keneally ), Bisa dibilang novel - novel ini mengangkat tema yang selaras ataupun mempunyai konektivitas cerita yang sama yaitu tentang Holocaust bencana yang terjadi terhadap kaum yahudi ketika German berhasil berinvasi ke polandia. 


Sedangkan film The Pianist 2002 ini pun digarap oleh sutradara luar biasa  yang namanya  menjadi pionner  dalam industrial film, dan terlebih lagi ia adalah seorang yang berhasil survive juga dalam masa perang dunia ke-2 tepatnya di krakow,Polandia. 

Tak hanya sampai disitu Prestasinya, Ia juga dikenal sebagai sutradara yang mempelopori Cult Classic Movie pada tahun 1960 - 1980 an,sehinnga  ia bisa di katakan sebagai pionner dalam genre Classic Drama ( Cult Movie ), Ia adalah Roman Polanski seorang sutradara polandia.  Dari Novel dan juga Penggarap Movie The Pianist adalah orang - orang yang bisa dibilang mempunyai pengalaman serta pemikiran intelektual yang sudah jauh dibanding kita orang, Gk kebayang lah hasil adaptasi yang dibuat oleh Polanski ini Sebab movie The Pianist 2002 ini adalah salah satu movie yang mendapatkan predikat dalam award 100 Grea test  Film Of The 21st Century

**** 

Sejujurnya Movie The Pianist 2002 ini tak berbeda jauh dari Holocaust Movie lainnya seperti Schindler's List 1993, Playing For Time ( 1980 ) Dan Life Is Beatiful ( 1997 ), Walaupun berbeda sutradara dan cerita yang berbeda namun pada movie - movie sebelum The Pianist diatas mempunyai root twist yang sama sehingga jika kita menonton The Pianist pasti akan menimbulkan perasaan dan konektivitas yang sama disaat kita menonton movie - movie Holocaust sebelum The Pianist. 

Namun pasti terdapat perbedaan, Kalau menurut saya sendiri sih Karena film The Pianist ini lebih menonjolkan sisi ganas german pada kala itu dibandingkan Film Schindler's List Mungkin karena The Pianist ini di garap oleh Polanski yang notabennya ia adalah salah satu survived yang berhasil selamat dari kekejaman Nazi pada kala itu, Sehingga Polanski mengkemas penggambaran visualnya terlihat lebih mengungkap dan garang.

*** 

Di Scene awal movie kita mendapati Wladyslaw SZpilman yang sedang memainkan piano di salah satu restoran dipolandia pada tahun 1939, Pada Scene ini kita diberikan gambaran epic mengenai pribadi Wladyslaw SZpilman seorang pemusik yang konsisten serta menjiwai permainannya di kala Bombardir sedang berlangsung  Ketika German ingin meng-invasi polandia sebagai wilayah teritorinya di sela permainan Pianonya. 

Perlu di ketahui Wladyslaw SZpilman adalah seorang yang berhasil Survived dari perang dunia ke-2 pada Warsaw,Polandia 1945. Ia adalah seorang pianis yang berhasil selamat dari kekejaman Nazi kala itu dengan bantuan seorang teman musisinya yang bukan keturunan yahudi yaitu Andrej Bogucki dan istrinya Janina. SZpilman di sembunyikan oleh mereka di disktrik  Non-Yahudi tepatnya di sebuah apartement kosong. Dan pada movie ini lah kita dapat melihat bagaimana  cara Wladyslaw dapat meloloskan diri dan dapat bertahan hidup dari Perang Dunia kedua, kala itu Ia berhasil survived dari derita tiada akhir yang ia alami semasa perang berlangsung.

Pada Scene berikutnya kita di kenalkan kepada seluruh anggota keluarga SZpilman, Di awal - awal Scene ini nampaknya kita audience agak di beri sedikit kehangatan dari hubungan keluarga SZpilman ketika Nazi baru memasuki Polandia. Polanski nampaknya menjelaskan dengan sangat detail alur tutur biografi dari SZpilman dan juga ia sangat memahami lika - liku ketika tentara german mulai meng-invasi polandia, Itu semua bisa kita lihat dari segi Story telling dan penyampaiian pada film The Pianist ini. Berbeda dari Schindler's List yang di garap oleh Steven Spielberg, The Pianist ini lebih menyampaikan sisi yang lebih gelap lagi dari derita yang dialami Survival kala itu di banding Schindler's List. 

**** 

Dengan diperankan oleh aktor senior nan tampan pada era 90-an yaitu Adrine Brody sebagai Wladyslaw SZpilman, Perannya pada film ini mendapat respon yang luar biasa dari para audience.Itu mungkin karena Ia mendalami karakter SZpilman dengan  begitu Expresionis dan emosional, Sebab aktingnya pada movie ini patut diberikan 4 jempol. Dan tak hanya itu  Kita juga dapat menjumpai satu aktor cantik yaitu Emilia Fox ( Dorota ) yang dimana dia adalah seorang aktor good looking yang memang menekuni genre drama, Dan chemistry antara SZpilman dan Dorota pada the pianist ini juga terlihat smooth as fuck walaupun kedekatan mereka berdua hanya sebagai pelengkap di beberapa scene saja. 

**** 

Setelah kita di tampilkan dengan fuzzy scene dimenit menit awal pada alur cerita film The Pianis suasana pun akhirnya menjadi keruh ketika Tentara German mulai menegakan sistemnya di polandia,German mulai mendekriminasi Kaum yahudi dan mulai mengkotak - kotakan kaum yahudi dengan non-yahudi  serta tindak kekerasan secara verbal dan non-verbal yang mulai  diterapkan tentara nazi terhadap kaum yahudi. Kita patut memberikan Applouse kepada Ronald Harwood sebagai Scripter yang membuat movie ini terlihat lebih mengerikan dibanding movie lainnya,Kalau seandainya kita compare The Pianist dengan Schindler's List sejujurnya penggambaran suasana nya tak jauh berbeda karena mengangkat tema yang sama yaitu Pembantaian yang dilakukan German terhadap kaum yahudi dalam skala besar, Namun yang membedakan ialah penggambaran visual disertai backsound dan naskah nya saja. 

**** 

Tak hanya itu Pada film the pianist kita dapat menemukan beberapa informasi yang berbeda dari movie - movie yang setema dengannya, Kita dapat mendapati bahwa dulu ketika perang itu berlangsung  terdapat beberapa kelompok yahudi yang memberontak terhadap Nazi, Scene tersebut akan di tampilkan di pertengahan film ketika Wladyslaw SZpilman di pisahkan dari keluarganya  atau lebih tepatnya di selamatkan nyawanya oleh Jews Ghetto Police  agar tidak di bawa ke kamp konsentrasi.
Sungguh sangat memilukan kisah hidup Wladyslaw SZpilman disaat melewati masa - masa itu, Dan sebenarnya bukan hanya Wladyslaw SZpilman saja yang berhasil survived pada masa itu !

Seperti yang kita tahu pada Film Schindler's List, Oskar Schindler menyelamatkan 1.200-an kaum yahudi dari extermination ( pembunuhan masal ), Dan ada beberapa movie lagi yang mengangkat kisah nyata tentang para survival yahudi yang berhasil hidup dan melewati masa perang itu.

My Final Opinion : 

This movie is so fantastic dan jelas movie ini adalah sebuah gambaran realita dari riwayat hidup Wladyslaw SZpilman seorang yahudi yang berhasil bertahan dari derita tiada akhir yang menyelimuti hidupnya di masa perang dunia ke-2, Secara spesifik movie ini full menceritakan tentang bagaimana SZpilman bisa bertahan dan siapa yang membantunya, dari segi penggambaran visual beserta skema alur ceritanya semua dibuat dengan sangat detail dan penuh dengan kengerian yang tidak bisa di ungkapkan oleh kata - kata, Dan tentunya Peran Roman Polanski beserta Ronald Harwood pada penggarapan movie ini sangat luarbiasa dan saya sangat menyukai Movie - movie garapan Roman karena dia adalah salah satu sutradara yang mempelopori Cult Classic movie pada tahun 60-an.


No comments:

Post a Comment