6 Rekomendasi Film Psychological Crime Yang Bakal Blowing Pikiran Kita | Stoneeman Recommendation - TheStoneman

Saturday, December 11, 2021

6 Rekomendasi Film Psychological Crime Yang Bakal Blowing Pikiran Kita | Stoneeman Recommendation

6 Rekomendasi Film Psychological Crime,Thriller,Mystery Yang Bakal Blowing Pikiran Kita | Stoneeman Recommendation


Stoneeman.com - The Best Psychological Crime Recommendation

Well, Seperti judul diatas kali ini saya bakal bagi - bagi rekomendasi mengenai Film - film Crime yang mempunyai narasi dan konsep yang bakal membuat audience ter-kejut setiap saat. Tak hanya itu pilihan movies yang saya berikan di bawah ini adalah best of the best dari psychological crime movie yang ada  beberapa di adaptasi dari novel - novel crime fiction yang kental banget dengan pemahaman perilaku seorang kriminal. 


Tunggu apa lagi, Yuk langsung sahaja simak film - film nya dibawah ini : 


- Manhunter ( 1986 ) 


Directors : Michael Mann


Manhunter adalah sebuah Film Crime-Thriller yang diadaptasi dari sebuah novel Tahun 1981 yang berjudul Red Dragon oleh Thomas Harris, Thomas harris adalah seorang penulis novel dengan gaya tulisan Criminology Behavior yang dimana pada novel - novelnya bercerita tentang sebuah pemahaman mengenai tipikal tingkah laku dan juga motiv seorang pembunuh kenapa ia bisa melakukan tindakan kejam seperti itu, dan juga menyangkut psikologis si pembunuh. Dengan karakternya yang paling terkenal yaitu Hannibal Lecter seorang Psikiater Forensik dan pembunuh berantai kanibalistik.


Okeh lanjut kepada pembahasan movie ini deh, Movie ini adalah hasil adaptasi dari novel pertama Thomas harris yaitu Red Dragon 1981 yang dimana disini lah awal mula kemunculan karakter Hannibal Lecter. Movie ini adalah salah satu terobosan pertama dalam bentuk visual yang modern pada saat itu yang disebut Neo-Noir, Dan juga Movie Manhunter ini adalah sebuah movie adaptasi pertama dari novel Red Dragon yang kemudian dijadikan dasar untuk sebuah film selanjutnya yang di rilis tahun 2002 dengan judul yang sama dengan Novelnya Dan bahkan setelah itu banyak lagi novel - novel tulisan Thomas harris yang diadaptasi menjadi sebuah Film.

Sinopsis : 

Manhunter bercerita tentang seorang Profiler Kriminal FBI atau bisa disebut dengan strategy Investigator, Yang dimana agen ini diperankan oleh William Petersen ( Will Graham ). Will Graham adalah seorang agen FBI yang telah pensiun dan mengalami gangguan mental akibat tugas nya yang terakhir yaitu menangkap Dr.Hannibal Lecter. Kemudian ia di bujuk bertugas kembali oleh mantan atasannya  Jack Crawford untuk menangani sebuah kasus pembunuhan berantai yang dilakukan oleh Francis Dolarhyde ( Tom Noonan ).

Disinilah yang menarik dari movie - movie yang diadaptasi dari novel Thomas harris ini yang dimana Will Graham meng-investigasi TKP dengan cara yang unik yaitu mencoba memasuki pola pikir sang pembunuh dan akhirnya menemukan beberapa bukti untuk diselidiki lebih dalam.

Sedikit dari penjelasan sinopsis alur cerita yang bisa saya sampaikan, selebihnya mengenai film ini saya cuman bisa sampaikan kepada aktor yang memerankan Will graham ( William petersen ) sebagai aktor yang sangat cerdas dalam memerankan perannya sehingga tidak ada rasa bosan ketika kita menonton Movienya.


- The Silence Of The Lambs ( 1991 ) 

Directors : Jonathan Demme 


The Silence Of The Lambs Adalah Sebuah film yang di adaptasi dari sebuah novel karya Thomas Harris " The Silence Of The Lambs (1988)"  yang bertema Fiksi Horor dan juga Criminology Behavior ( Psikologis atau tingkah laku seorang kriminal ). Memang untuk novel - novel sekelas ini tuh kalau di adaptasi menjadi film memang sesuatu yang luar biasa menurut saya, Dimana Sang sutradara me-representasekan sebuah karya pikir orang lain dan dijadikan dalam bentuk adegan visual yang bercerita tentang pemecahan suatu masalah yang menyangkut dengan Psikologis.


Movie ini sangat menginspirasi sekali tentunya, yang pada dasarnya memberikan banyak pelajaran ataupun penggambaran mengenai sebuah tingkah laku seorang pembunuh berantai yang tentunya sudah sangat jelas mengalami penyakit mental. Bagi kalian yang tertarik dengan Movie bergenre Crime dan thriller, Movie ini sangat menarik untuk di tonton dengan dinamika ketegangan yang membuat penonton enthusiasm dan juga skema pemecahan misteri yang membuat kita sebagai penonton penasaran akan alur cerita kedepannya seperti apa ! 

Sinopsis : 

Dibintangi oleh dua aktor ternama yaitu Jodie Foster ( Clarice Starling ) & Anthony Hopkins ( Hannibal Lecter ),  Yang bercerita tentang seorang Agen FBI magang yang baru saja mendapatkan tugas pertama yaitu untuk mendalami kasus pembunuhan berantai yang dilakukan oleh Buffalo Bill ( Ted Levine ). Untuk mendalami sebuah motif dan juga memecahkan sebuah petunjuk agen Clarice ini meminta bantuan dari seorang Psikiater,Pembunuh genius dan juga seorang kanibal yaitu Hannibal Lecter.


Walaupun hannibal lecter adalah seorang pembunuh dan juga seorang kanibal tetapi ia adalah seorang yang genius dan juga sangat mematuhi norma sosial dan juga tingkah laku ketika berbicara empat mata bersama Clarice, Itulah yang membuat alur cerita pada movie ini terasa lebih misterius.

Cukup sekian penjelasannya sinopsisnya, lebih baik langsung tonton deh bagi yang suka mengkulik - kulik movie serial killer.


- Hannibal ( 2001 ) 


Directors : Ridley Scott


Hannibal ( 2001 ) Adalah lanjutan dari serial movie Hannibal Lecter yang diangkat dari sebuah novel yang ditulis oleh Thomas Harris pada tahun 1991, Movie ini adalah sequel lanjutan dari movie The Silence Of The Lambs ( 1991 ). 

Pada sequel ini  disutradarai oleh Ridley Scott yang dimana ia dipilih untuk mensutradarai movie ini karena keberhasilannya dalam menyutradarai film Gladiator ( 2000). Movie hanibal ini memang tidak se-misterius seperti sequel pertamanya, Namun untuk segi psychological crime dan pemecahan misteri yang terdapat pada movie ini masih kental sehingga membuat kita tertarik dan curious dengan movie ini. 

Sinopsis : 

Menceritakan tentang agen Clarice Starling ( Juliane Moore ) yang dikenal sebagai agen FBI ternama karena kasus sebelumnya ia berhasil menyelamatkan anak dari seorang presiden yang disandera oleh pembunuh berantai Jame Gumb, Kini ia bertugas kembali untuk menyelediki kasus hilangnya Hannibal Lecter yang dimasukan kembali kepada daftar 10 buronan yang paling dicari. 

Pada serial ini  agen starling melakukan pelacakan terhadap penjahat genius dan juga berdarah dingin yaitu hannibal lecter, Pada serial ini Karakter Hannibal Lecter adalah main character ( Pemeran utama ) yah walaupun pada serial - serial sebelumnya ia hanya dipakai sebagai seseorang pemeran antagonis yang sedang dikurung di rumah sakit jiwa, Namun disini karakter hannibal ditonjolkan dengan sangat spesifik. 

 

- Basic Instinct ( 1992 ) 

Directors : Paul Verhoeven 

Basic Instinct ialah sebuah erotic-thriller movie dengan memakai gaya classic neo-noir yang dipadukan dengan unsur criminal psychology pada pemecahan misteri yang dilakukan oleh seorang detektif Nick Curran. Movie ini  digarap oleh Paul Verhoeven yang memang rekam jejaknya adalah seorang director jenius dari belanda yang  namanya  sudah melegit di hollywood dan screenwriting yang dikembangkan oleh Joe Eszterhas pada tahun 1980. 

Movie ini sejujurnya dianggap sangat kontroversial dan banyak sekali mendapat kritikan karena dianggap terlalu over sexuality dan kekerasan yang ditampilkan pada movienya, Tetapi kembali lagi movie seperti ini tuh disebut Classic underground movie yang condong kepada pengungkapan kondisi psychologis tentang sebuah perilaku seorang kriminal.

Dan memang Film  Basic Instinct ini bisa dibilang sekelas dengan tiga film diatas dikarenakan Storytellingnya yang badass dan tentunya tekanan vulgarity yang diberikan film ini juga akan membuat suasana hati audience up and down, Dan tentunya jangan lupakan aktor - aktor nya seperti Michael Douglas ( Detective Nick Curran ) & Sharon Stone ( Catherine Tramell ) yang menjadi pionner serta sorotan yang sensual kepada dua aktor ini ketika mendalami perannya. 

- Memento ( 2000 ) 

Directors : Christopher Nolan

Well, Memento ( 2000 ) Movies yang satu ini adalah salah satu Psychological Fiction Crime yang dibalut dengan pemecahan mystery dengan konsep narasi yang lumayan rumit untuk di pahami. Yup dialah Christopher Nolan sang penggarap dari fascinating movie yang satu ini, Tentunya sutradara yang satu ini sudah banyak di kenal dalam menekuni film - film  tactical crime,psychologic, adventure & Mystery yang rata - rata semua dari jebolan film nya banyak di sukai semua kalangan, Bahkan director yang satu ini adalah director yang banyak di gemari oleh pecinta cult classic movies tahun ini karena dialah sang konseptor dari Apocalypse Trilogy pada film superman & batman. 

Sebelumnya saya juga sudah pernah membahas movies yang satu ini pada artikel dibawah ini 


Yup, Film yang satu ini juga saya masukan dalam salah satu list pada Psychedelic Movies Article karena memang ada beberapa elemen dan unsur - unsur psychedelic didalam movies yang satu ini. 


- The Call ( 2013 ) 


Director : Brad Anderson 

The Call ( 2013 ) Adalah movies yang cukup impressive dalam penyajian narasi dan visual yang bakal bikin penonton tegang dengan sensasi Thriller dan Crimenya. Penggarap Brad Anderson memang the best dalam menyajikan Psychological Crime terlebih lagi pada film - film  sebelumnya seperti : The Machinist ( 2004 ), Transsiberian ( 2008 ), Session 9 ( 2001 ).  

Jangan lupa baca artikel review dibawah ini : 


The Call ini sendiri adalah film yang banyak di sukai karena konsep nya yang tidak main - main, sama layaknya Memento, Pemecahan Misteri pada film The Call ini sendiri tergolong rumit karena brad anderson di kenal sebagai master of Psychological fiction crime concept pada tahun 2000-an.  

No comments:

Post a Comment