( What Psychedelic Means ? ) Apa Yang Dimaksud Dengan Psychedelic ? | Stoneman - TheStoneman

Saturday, December 11, 2021

( What Psychedelic Means ? ) Apa Yang Dimaksud Dengan Psychedelic ? | Stoneman

Apa Itu Psychedelic art ? Well Psychedelic untuk sekarang ini banyak dikenali sebagai sebuah bentuk Pengobatan alternatif.


Stoneeman.com - well, Kali ini saya bakal memberikan suatu topik pembahasan yang tentunya banyak orang indonesia yang belum mengetahui dan alangkah banyak sekali terjadi penyimpangan mengenai pengartian Psychedelic sendiri.Jadi kali ini kita akan simak bareng - bareng mengenai apa itu psychedelic ?! 

Pada rangkuman kali ini, saya akan membedah dan menjelaskan secara keseluruhan mengenai ' Apa itu Psychedelic ?!  What does psychedelic mean ?! Apakah Psychedelic bisa di terapkan dalam realita ?!  ' This Summary may be a bit heavy to absorb for some people, But f* With their Sh* ! Let's do this Sh* !





Apa Itu Psychedelic ? 

Psychedelic yak, Well Psychedelic untuk sekarang ini banyak dikenali sebagai sebuah bentuk Pengobatan alternatif. Dari tahun ke tahun Psychedelic sudah banyak di analisa dan di pelajari di beberapa negara besar seperti Amerika ( USA ), Singapura,Jepang dan terlebih lagi kecuali Indonesia. Sebetulnya Psychedelic tak hanya mengarah kepada pengobatan saja, Sebagian besar pasti berpikir kalau psychedelic ini adalah zat adiktif ataupun drugs yang sangat membahayakan ! Owh jelas jika kita ingat kembali pada Masa sekolah, Sejak SMP kita sudah di berikan pengajaran bahkan seminar dengan gaya orthodoks yang menyatakan " Bahaya Zat Adiktif Terhadap Masa Depan Bangsa ". 

Nah akibat pengajaran orthodoks yang kita terima selama ini, Sebagian dari beberapa orang mungkin agak nyeleweng jika membaca pembahasan ini. Sebab seperti inilah realita kita dalam kehidupan ber-bangsa dan ber-negara.  Sejujurnya Psychedelic terbagi - bagi menjadi beberapa metode dan aliran, bahkan bisa kita sebut sebagai ( Culture ) dan lebih lagi psychedelic telah menjadi sebuah cara berpikir yang baru jika kita looking backwards kepada sejarah mengenai pengertian Psychedelic. 

Arti Psychedelic 

Dengan adanya sebuah penelitian yang terus di kembangkan pada zaman ini mengenai Psychedelic ini, Tentunya penelitian tidak bisa di kembangkan tanpa adanya rumusan akar. Arti dari Psychedelic ini sendiri tak hanya mengarah kepada satu oponent, Psych ( Yang artinya Pikiran,Jiwa dan mental )  Delic ( artinya Memanifestakan/me-realisasikan ).  Holy mama, Dari pengartian katanya saja sudah heavy kick  dan tentunya kita dapat menyadari bahwa Psychedelic ini berhubungan dengan psikologis.


Dimana Pertama Kali  Psychedelic Ditemukan ? 

Dari hasil riset yang telah saya lakukan selama ber-kehidupan berbangsa dan ber-negara, Analisa saya terhadap  Psychedelic ini menyatakan bahwa  Psychedelic ini adalah sebuah metode berpikir terhadap hidup yang sudah di terapkan sejak tahun 1950-an di negara - negara besar. Namun dasar kata Psychedelic ini sendiri berasal dari yunani yang mungkin sudah diterapkan pada abad 18 tepatnya pada jaman pencerahan. 

Dan sedangkan menurut Reffrensi dan penerapan budaya yang sudah ada, Psychedelic ini mulai muncul pada tahun 1960-an tepatnya sejak dimulainya pergerakan ' Hippies ' yang menentang Negara United State Amerika ( USA ) terhadap percobaan wajib militer bagi anak muda pada era itu, Yang memang pada saat itu Perang besar intelektual sedang berlangsung di vietnam dan amerika selaku sekutu terhadap vietnam selatan turut ikut campur memerangi perlawanan terhadap perkembangan ideologi komunis pada kala itu. 

Allright mungkin terdengar sedikit sotoy, Tapi kita perlu sadari bahwa memang perang tersebut  benar adanya dan banyak mengakibatkan korban terhadap kedua belah pihak terlebih lagi kubu amerika banyak kehilangan anak muda dan korban yang selamat mengalami cacat fisik di sertai gangguan kejiwaan. Akibat hal itu lah pergerakan Hippies ini terbentuk  untuk melawan sistem yang salah yang di terapkan oleh pemerintah amerika kala itu. 

Well, singkat cerita kalian bisa simak dulu beberapa artikel mengenai perang vietnam dibawah ini : 


Vietnam Recommendation 1

Vietnam Recommendation 2 

Well, Jika sudah pernah menontonnya pasti tentunya akan relate dengan tema pokok pembahasan yang akan kita bahas ini. 

Apakah Psychedelic adalah Sub Cultur dari hippies ? 


Berdasarkan realita disertai sosial eksperimen yang sudah ada, Psychedelic sendiri berkembang menjadi sebuah Budaya,Eksperimen,Meditasi,Art,Music,Spiritual among us and God,And then bla..bla...blaa something new is always being discovered if we talk about psychedelic itself. 

Yah memang Sub-Culture Psychedelic ini sendiri terbentuk karena adanya suatu movement ( pergerakan ) Yang di pelopori dengan julukan Hippie ( Hippy ), Sambil mengikuti perkembangan Hippie pada era itu Psychedelic pun berkembang semakin Progressive dan bercabang. 

Perkembangan Psychedelic Pada masa pergerakan Hippie ? 


Revolusi,evolusi adalah suatu hal yang konstan dapat terjadi kepada manusia, Begitu pula dengan budaya psychedelic ini.  Pada kala itu pergerakan hippies bisa di katakan sebagai pergerakan yang kreatif dan juga eksperimental dalam menentang sistem pemerintahan amerika yang salah dalam me-manusiakan rakyatnya, Dan motif terbesarnya ialah menyangkut peperangan. 

Pergerakan yang di lakukan hippies ini menjadi sangat massive dan banyak mendapat dukungan support dari para Seniman,Musisi,Ateis,dan beberapa rombongan religius lainnya  yang turut mensupport dalam bentuk Karya lukis, Music, Dan hal - hal spiritual yang bersangkutan. 
Kenapa pada saat itu Hippies melakukan perlawanan dengan kreatif ? Karena Seni adalah media paling netral dan murni untuk diterapkan,Yah walaupun memang yah bangsa mereka itu bangsa yang sudah terpelajar wajar sih terbentuknya evolusi seperti itu.

Akibat perkembangan yang begitu progressive, Psychedelic pun terbentuk secara otomatis menjadi sebuah cabang budaya yang mempunyai elemen dan golongannya masing - masing. Bahkan dikarenakan begitu luasnya interprestrasi dari  Psychedelic, Psychedelic pun dijadikan sebagai bahan eksperimen untuk dijadikan the cure for the future human being. 


Psychedelic terbagi menjadi Berapa Metode  ? 

Hmmmm, Bagaikan arti dari psychedelic itu sendiri yaitu merealisasikan " Vision Of Mind ". Hell yeah, Akibat terbenturnya Pluralisme dengan realita yang sinting akhirnya terbentuk lah sebuah cabang - cabang baru terhadap kemajuan budaya amerika terhadap psychedelic. 

Psychedelic berkembang dan mengakar menjadi sebuah budaya sosial, Dengan bentuk dan konsep yang berbeda - beda Psychedelic pun terbagi menjadi beberapa golongan, Berikut ini adalah golongan - golongan media penerapan Psychedelic : 

  • Psychedelic Art
Psychedelic Art atau kerap disebut sebagai Trippy Art, Adalah sebuah cabang genre dari Psychedelic yang di populerkan sejak pergerakan hippies berlangsung dari 1960 sampai 1970-an dan terus berkembang. Psychedelic Art sendiri adalah sebuah bentuk metode dan penerapan dalam meng-explorasi Psychedelic drugs kedalam bentuk lukisan yang imaginery.  Dan tentunya Psychedelic Art ini juga terbagi menjadi beberapa cabang sub-genre lainnya seperti, Trippy Art, Space Art, yang terus ber-regenerasi dari masa ke masa.

Bagi kalian yang ingin mengetahui seperti apa bentukan visual yang mendasari Psychedelic art Kalian bisa kunjungi link dibawah ini,Kebetulan saya sendiri sedang mem-pelajari lebih dalam mengenai Psychedelic Art ini ! Mari kita cek bareng - bareng Linknya dibawah : 
  • Psychedelic Music
Psychedelic Music, Berbicara mengenai Psychedelic tentunya pasti tidak jauh - jauh dari historical of music, Sebab pada pergerakan hippies yang sudah saya jelaskan diatas ! Ada beberapa dukungan support dari musisi dan band - band besar yang juga se-era dengan pergerakan hippies tersebut, Akibat terbentuknya sebuah spontanitas yang ada tercipta lah Psychedelic Music yang meng-hiasi masa - masa ke-emasan para hipster yang tentunya ber-generasi sampai saat ini. 

Dan bagaimana Psychedelic music bisa tercipta ? 

Well, Walaupun saya sempat mengatakan terbentuk secara Spotan tentunya itu tidak memungkiri dari pengalaman Psychedelic itu sendiri. Sebab kembali lagi kepada Metode eksplorasi Psychedelic drug tadi yang di lakukan pada era 60-an. Dan Psychedelic music pun menjadi sebuah golongan budaya dalam industri musik sejak tahun 1950-an yang di evaluasi dan di kembangkan pada tahun ke-emasan para Hippies.

Ohya sama layaknya seperti Psychedelic Art, Psychedelic Music ini pun turut di kembangkan dan dipopulerkan menjadi beberapa cabang genre of music Seperti : 
    • Psychedelic Rock 
    •  Psychedelic Jazz
    •  Acid Rock
    •  Acid Jazz

And then,bla.. bla.. bla... segala macem !!  yang pada tiap - tiap genre yang ada, Semua di eksplorasi dengan pemahaman intelektual tingkat tinggi.  

  • Psychedelic Movie

 Nah, Psychedelic Movie ini sejujurnya adalah suatu kemajuan yang impressive. Why ? Kalau disandingkan  dengan Psychedelic Music yang mem-visualisasikan ataupun me-realisasikan  sebuah visi,perspective,ataupun cara pandangnya melalui lantunan nada yang dapat didengar, Sedangkan Psychedelic Movie sendiri adalah sebuah kemajuan dari Psychedelic Arts dan Psychedelic Music yang mempunyai penafsiran dalam bentuk visual dan suara. 

Nah untuk lebih memudahkan kita dalam mencerna apa yang saya maksud diatas, Ada lebih baiknya kalian membaca artikel yang relatable dengan penerapan metode yang di terapkan pada Psychedelic Movie dibawah ini : 


 

Penerapan Psychedelic Terhadap  Medication  ? 

Well, Seperti yang sudah saya jelaskan pada Section 'Apa Itu  Psychedelic ?' Layaknya  sebuah bidang pembelajaran, Psychedelic tak hanya menjadi sebuah Budaya ! Psychedelic pun berkembang menjadi sebuah bahan penelitian untuk kelangsungan kesehatan manusia. 

Teruntuk Informasi yang saya dapat sejauhi ini sih, Ada beberapa negara yang sudah menerapkan penelitian  Penyembuhan penyakit yang berhubung dengan mental dan kejiwaan menggunakan Psychedelic Drugs seperti Ganja.

Dan materi terkait itu kalian bisa kulik dari website teman saya dibawah ini

Nah, kalian bisa acab mengenai Psychedelic For Mental Health pada artikel diatas. Doi lumayan ngulik mengenai Psychedelic terhadap medication. 

Evaluasi : 

Dari banyak nya rumusan yang terdapat dibalik kata Psychedelic, Sejujurnya Psychedelic sendiri mempunyai penafsiran yang bebas terhadap penerapannya ( atau bisa di sebut Multitafsir ). Namun walaupun pengartiannya dapat diartikan secara personal, tetap kita harus kembali terhadap rumusan dan budaya yang sudah ada. That is my final opinion about Psychedelic meaning.

2 comments: