The Best Psychedelic Movies That Will Tripping You Out | Stoneeman Recommendations-TheStoneman

Monday, December 6, 2021

The Best Psychedelic Movies That Will Tripping You Out | Stoneeman Recommendations



Psychedelic Movie - Kali ini saya kembali lagi nih dari persembunyian  setelah sekian lama, Pada topik kali ini saya akan memberikan beberapa reffrensi movie yang temanya Psychedelic Movie. Psychedelic movie yang bakal saya share ini tentunya sudah saya sortir dan pilih - pilih dari beberapa movie psychedelic yang sudah saya tonton dan tentunya saya sudah dalami sebelumnya.


Buat yang belum tau apa itu Psychedelic movie, Disini saya akan coba menjelaskan sedikit tentang pengartian dari  Genre sebuah Film yaitu Psychedelic !!?!


Psychedelic Movie adalah sebuah genre film yang berkarakteristik dengan eksplorasi pikiran serta pengalaman dari alam bawah sadar seorang drugs user, Karena perlu di garis bawahi genre film psychedelic ini ter-inspirasi dari culture psychedelia yang terbentuk pada tahun 1960 an di Amerika ketika para aktivis pada era itu melakukan perlawanan terhadap pemerintahannya dengan menyuarakan perdamaian atau bisa disebut sebagai hippies. 


Dan karakteristik yang menyangkut pada psychedelic movie ini bukan hanya menampilkan seseorang yang sedang ber-eksplorasi memakai narkoba, Melainkan genre psychedelic movie ini dikembangkan kepada bentuk visual dan experimental narasi yang mencampurkan unsur - unsur tradisional dan futuristik serta kesenian yang mendalam pada visual ataupun narasi nya.

dan sedikit pengetahuan lagi mengenai genre psychedelic, genre psychedelic juga menyertakan distorsi didalam visualnya yang dalam artian visual dapat berubah - berubah dan juga backsound pada genre psychedelic ini menyertakan music - music yang mengawang - ngawang seperti aliran space - space gitu loh. 


Untuk Lebih Lengkapnya Kalian Bisa Baca Artikel Mengenai Psychedelic Dibawah Ini :
> ( What Psychedelic Means ? ) Apa Yang Dimaksud Dengan Psychedelic ?!


okey sekian sedikit penjelasan mengenai apa itu Psychedelic movie ! Cus langsung saja kita mulai kepada babak  operasi : 

- El Topo ( 1970 ) 


Director : Alejandro Jodorowsky

El Topo adalah movie pertama yang digarap oleh sutradara gila atau kerap di sebut The Father Of Midnight Movies yaitu alejandro jodorowsky, Siapa yang tidak mengenal sutradara yang satu ini dengan segala bentuk kesenian tingkat tinggi yang ia salurkan pada tiap - tiap movie yang ia garap. Dari beberapa movie yang ia garap seperti El Topo ( 1970 ) lalu di susul dengan The Holy Mountain ( 1973 ) Rata - rata tuh mulai dari skenario,alur cerita, dan juga visual nya sangat surreal dan di combine dengan aliran Mystic dan juga religius sehingga membuat movienya menjadi mengandung banyak arti ataupun bisa dibilang multitafsir. 



- Wonderwall ( 1968 )


Director: Joe Massot 

Sebuah Trippin movies yang satu ini tentunya bakal bikin kita kejang - kejang dengan gaya visual classic  dan juga backing sound nya yang bakal membuat audience terhipnotis akan iringan sound ( nada ) yang dikemas dengan culturistic ala india gitu, Penggarap backing soundnya yang begitu Chruncy ini adalah 2 orang musisi legend yaitu George Harrison dan Eric Clapton. Psychedelic movies yang satu ini adalah jebolan terbaik pada tahun 1960-an akhir yang di garap oleh joe Massot yang berkolaborasi dengan Gerard Brach seorang screenwriter  senior asal France ( Perancis ) , Sudah tidak meragukan lagi jikalau Gandengan Joe Massot seorang kelahiran amerika berkolaborasi dengan Gerard Brach yang berasal dari perancis.

 Soalnya rata - rata tuh Director perancis ataupun Polandia, Mereka ahli sekali dalam merancang dan memasukan unsur Surrealism kepada naskah ataupun dalam bentuk visual hidup, Contohnya penggarap Wjociech Jerzy Has dengan film nya yang berjudul : The Hourglass Sanatorium ( 1973 ). 

Sedikit Plot yang bisa saya jabarkan pada film Wonderwall ini ialah film yang memadukan unsur psikologis terhadap seorang ilmuwan  tua linglung bernama Oscar Collins ( Diperankan oleh aktor senior dalam rana cult classic movies yaitu Jack MacGowran )  yang ter-obsesi dengan budaya anak muda kala itu di tahun 1960-an yaitu Hippies. Ia ter-obsesi dengan ambisinya terhadap hippies terlebih lagi tertarik dengan salah seorang hippies perempuan ^_^, Yup namanya juga Psychedelic Movies pasti menonjolkan sensualitas terhadap ambisi hawa-nafsu manusiawi hehehe. 


- The Hourglass Sanatorium ( 1973 ) 


Director : Wjociech Jerzy Has 

Seperti yang sudah saya mention diatas, The Hourglas Sanatorium adalah salah satu psychedelic movies yang juga mempunyai strange-elements layaknya dua film diatas yang sudah saya jelaskan. Dengan penggarap asal polandia, tentunya tak jauh beda dengan alejandro jodorowsky ! Jerzy adalah salah satu penggarap yang menekuni Surrealism/Surrealist art pada tiap - tiap moviesnya terlebih lagi The Hourglass Sanatorium ini sendiri sangat kental dengan nuansa Surrealism yang tentunya menjadi Cult dikalangan penggemar Psychedelic Movies. 

Sebelumnya saya sudah pernah membahas dan me-review The Hourglass Sanatorium dalam bentuk artikel berbeda, artikel tersebut bisa kalian baca dibawah ini : 




- Psych-Out ( 1968 ) 


Director : Richard Rush

well, Psych-Out 1968 movies yang satu ini Adalah psychedelic film dengan genre drama-musical.Film yang satu ini tentunya hampir menyerupai film wonderwall karena mengangkat tema Budaya amerika kala itu, tepatnya di san fransisco yang menceritakan tentang Budaya hippies,Psychedelic Music,Psychedelic Art yang menjadi sebuah pergerakan counterculture pada era 1960-an. Hanya yang membedakan film ini dengan wonderwall ialah Psych-out lebih kental kepada pengenalan budaya ( Layaknya Documenter Historical Film ), Dan tentunya film ini menjadi cult dikalangan penggemar psychedelic film. 

Terlepas dari itu tentunya film Psych-out ini bukanlah film yang terlalu berat untuk dipahami layaknya film psychedelic lainnya, Namun yang saya suka pada film ini ialah  Dua aktor legenda yaitu Jack Nicholson dan Susan Elizabeth strasberg yang ber-adu akting dengan romansa hipster yang penuh sensuality. Dan tak hanya itu pada film ini kita bisa melihat betapa gagahnya jack nicholson dikala muda hehehe. 

- 2001 : A Space Odyssey ( 1968 ) 


Director : Stanley Kubrick 

Trippin Movies yang satu ini adalah best of the best psychedelic movies yang begitu complex dan unpredictable Untuk di pahami, 2001 : Space Odyssey adalah Sci-fi ( Science Fiction ) & Adventure Film yang digarap oleh Stanley Kubrick. garapan film  sutradara senior yang satu ini memang tidak ada yang gagal dan selalu menjadi cult dikalangan penggemar film psychedelic ataupun audience lainnya, Sebab Space Odyssey ini adalah salah satu film science Fiction dengan elemen Psychedelic paling pekat.

Dikarenakan Kubrick adalah director yang dikenal sebagai sutradara senior terbaik dalam perancangan Narasi,Photography,Dan juga Visual Cinematik yang mempunyai khas dan formula yang tidak semua sutradara pada saat ini punya. 

Untuk Synopsis pada film A Space Odyssey ini sih terkesan sangat futuristik sekali dikarenakan tema narasinya yang mengangkat tentang Kemajuan tekhnologi dan cara berpikir manusia yang berkembang pesat yang di kemas dalam konsep perjalanan di luar angkasa untuk meneliti sebuah monolith hidup yang ada di luar angkasa. Namun itu tadi jika kalian pernah menonton film lainnya garapan kubrick seperti : The Shining, A Clockwork Orange,Eyes Wide Shut ! Rata - rata tuh film nya mengandung makna dan penafsiran yang mendalam terhadap segala bentuk aspek, Dan itulah yang disebut dengan Penyajian seni tingkat tinggi yang membuat audience bisa ber-eksplorasi dengan Film - film nya kubrick yang penuh dengan teka - teki dan mystery. 


- Naked Lunch ( 1991 ) 


Director : David Cronenberg

Naked Lunch film yang satu ini pastinya bakal memukau para junkies all over the world hahahaha, Opini saya mengenai naked lunch ini ialah sebuah film junkies yang dikemas dengan penuh intelektual oleh penggarap  David Gronenberg, Tapi sejujurnya Film ini adalah hasil adaptasi dari sebuah novel fiction yang tentunya memang novelnya sendiri sudah ter-amat liar untuk di konversi kedalam bentuk visual. Novel dengan judul Naked Lunch yang sama seperti adaptasi film nya di tulis oleh William S.Burroughs seorang amerika writer yang dikenal sebagai influence populer kultur pada masa nya. 

Sejujurnya saya suka banget dengan hasil garapan David Cronenberg yang satu ini, Dikarenakan Director ini mempunyai khas yang unik juga dalam setiap penggarapan film nya. Seperti The Fly,Videodrome ,To Die For, Gilak jebolan film garapan sutradara yang satu ini gila-gila men, Dan doi juga salah satu director yang termasuk melestarikan Cult Classic Movies di tahun 80 awal - 2000an. 

And the last word to say is, You can dig up all of the best psychedelic film from that old man yaw ! Even Fear & loathing in las vegas is inspired by David Cronenberg work on this film.


-  Memento ( 2000 ) 

Director : Christopher Nolan 

Memento, Hmm terdengar familiar ? Tentunya film ini adalah sebuah Thriller & Mystery yang begitu rumit dan bisa bikin ling-lung audience ketika saat pertama kali menontonnya. Yup itulah Christopher Nolan seorang penggarap yang dikenal sebagai sutradara yang tidak bisa dilupakan pada masa kini yang menjadi Cult dikalangan penggemar Sci-fi dan juga mystery film. 

Memento yang dirilis tahun 2000 ini tentunya akan membius kita semua dengan alur cerita film nya yang memakai tekhnik Foward ->  Backward dan konsep film ini juga berdasarkan dari sebuah novel yang ditulis oleh saudara laki - laki dari nolan yaitu Jonathan Nolan dengan judul novel Memento-mori. wah tentunya ini adalah sebuah hubungan brotherhood yang chill out banget yah antara Christopher dan jonathan, Sampe kolaborasi bareng bikin film. 

Terlepas dari hubungan persaudaraan yang sangat pekat, Nampaknya film ini juga mempunyai elemen Psychedelia yang ter-amat pekat dari kemasan visual dan juga narasinya, Film ini dibuat seperti dark film dan memakai gambar hitam-putih di moment - moment tertentu sehingga terkesan menegangkan. 



1 comment: