Apa sih Cult Classic Film itu ? Berikut Ini Adalah Penjelasan & Artinya ! | Stoneman - TheStoneman

Thursday, October 7, 2021

Apa sih Cult Classic Film itu ? Berikut Ini Adalah Penjelasan & Artinya ! | Stoneman

Apa itu Cult Classic movie ?!  Sejak kapan dan dari mana istilah Cult Classic Film ini muncul ?! What Is The Explanation Of Cult Classic Movies ?!



Stoneeman.com - Sehubung hari kian hari kinerja gua dalam realita sedang tidak terlalu sibuk (Alias sedang menganggur ), Gua bakal memberikan suatu pembahasan yang tentunya akan menambah wawasan kita bersama mengenai Per-filman duniawi. 

Pembahasan apa itu ? 

Akibat gua banyak me-review movie dan ada beberapa movie yang gua tandai dan gua beri label ' Cult Classic Movie ', Akhirnya pun gua ter-tarik untuk membahas topik mengenai " Apa itu Cult Classic movie ?!  Sejak kapan dan dari mana istilah Cult Classic Film ini muncul ?! What Is The Explanation Of Cult Classic Movies ?! " 

Berhubung gue demen banget nih membahas hal - hal seperti ini,Nyok langsung kita simak sama - sama pembahasannya di bawah ini : 



Apa itu Cult Classic Film ? 

Well,Pada awalnya gua sempat mengira kalau Cult Classic Film ini adalah suatu genre dalam industri per-filman.Namun perkiraan tersebut is totally wrong, Cult Classic film rupanya dapat diartikan menjadi beberapa golongan transisi yang cukup meluas dalam pengartian cult classic ataupun Cult movie. 

Arti dari Cult Classic Film sendiri dapat diartikan sebagai Club Pemuja Film Classic yang masih populer ataupun  fanbase ( penggemar garis keras ) yang berkembang dari masa ke masa dan menjadi sebuah subculture atas terbentuknya sebutan Cult Classic Movie.

Tak hanya itu istilah Cult Classic Film ini juga terbentuk karena adanya sebuah penilaian dari partisipasi audience, Yang dimana sebuah film yang bisa di katakan dan digolongkan menjadi Cult Classic movie harus mempunyai beberapa  penilian yang cukup posesif.

Berikut ini beberapa Golongan Yang Termasuk Cult Classic Movie : 

* El Topo

* The Holy Mountain

* The Shining

* Prince Of Darkness 

* Wonderwall


Dari beberapa movie diatas, itu adalah beberapa dari sekian banyak golongan film Cult Classic dengan beragam genre. Layaknya elemen, Film -film diatas ialah sebuah film yang mempunyai elemen ataupun tipe yang menyangkut Cult Classic.

Awal Mula Cult Classic Movie terbentuk 

Seperti yang kita sudah tahu sebutan untuk Cult Classic Film ini muncul dari sebuah fanbase ataupun audience yang terbentuk pada tahun 70-an, Seiring dengan berkembangnya Komunitas Hippie pada tahun 1960-an ! Cult Classic pun juga berkembang layaknya sebuah perkumpulan para Fans ( Fandom ) yang mendedikasikan waktunya hanya untuk membahas dan membedah Film. Kenapa Istilah Cult Classic muncul pada tahun 70-an ?! 

Bagi kita yang tentunya mempelajari tentang sejarah dan perkembangan mengenai tekhnologi apalagi dalam industri perfilm-an, Tentunya istilah Cult classic film ini tercetus di tahun 70-an yang memang pada era tersebut  industri per-filman di eropa maupun amerika kala itu sedang sangat ber api - api dalam tahap perkembangannya yang progressive di tahun 1970-an. Film pada tahun 70-an sudah dibuat bewarna dan sudah mulai berkembang dari segi editing maupun rumusan lain sehingga muncullah sebuah komunitas yang mem-pelopori istilah Cult Classic Movie.

_

Tak hanya itu akibat terbentuknya sebuah analisis yang menggairahkan terhadap Cult Classic Film sejak tahun 70-an silam, Cult classic film pun terus berkembang dan mempunyai ketentuan yang meluas terhadap golongan movie atau bisa di katakan ada beberapa unsur dan penilaian dari audience untuk bisa dirumuskan sebagai Cult Classic movie

Cult Classic film sendiri bisa di artikan menjadi beberapa ketentuan tersindiri, Dari beberapa yang sudah gua riset dan analisa,berikut ini adalah beberapa pengartian Ketentuan tersebut !

Ketentuan dan Penilaian apa yang mendasari sebuah movie bisa di golongkan sebagai Cult Classic Movie ?

Sejujurnya untuk analisis Cult Classic ini sudah berlangsung sejak tahun 70-an hingga saat ini, Hasil dari tiap - tiap analisis terhadap istilah Cult Classic ini sendiri beragam dari waktu - waktu, Ada beberapa hal yang perlu di pertimbangkan untuk membedakan film classic dan film yang di golongkan menjadi Cult Classic.  Tidak semua film classic bisa di katakan sebagai Cult Film, Sebab audience dari Cult Film sendiri menyatakan kalau terdapat nilai - nilai disertai prinsip - prinsip estetika yang mendalam untuk membedakan Classic Film dan Cult Classic.

 Pada tahun 70-an istilah sebuah film bisa di katakan sebagai Cult Classic movie ialah film yang memberikan penggambaran budaya underground dengan meng-combinenya kepada Seni pertunjukan yang transgressive ( Transgressive art ) yang dapat meningkatkan kepekaan audience dengan menonjolkan kekerasan ( Violence ),sexuality yang melanggar norma dasar. Akibat analisis tersebut terbentuk lah sebuah istilah lain dari Cult Classic movie yang di klasifikasikan sebagai Underground Movies & Midnight Movies

Nah dari penjelasan diatas, Kita dapat mendapati bahwa Prinsip dasar mengenai sebuah film yang bisa di golongkan sebagai Cult Classic Movie ialah Film yang mempunyai Nilai estetik yang mendalam disertai kerumitan, yang tentunya harus anti-mainstream dalam penyajian Narasi dan cinematographynya. Secara garis besarnya Cult Classic Movie di tandai dengan ke-unikan dan mempunyai seni tingkat tinggi dalam penyajian cerita dan juga pengambilan gambar visualnya yang tentunya dapat menghipnotis audience dengan penyajian film yang membuat gairah audience terpancing ketika menonton Cult Classic Movie. 

Underground Movies & Midnight Movies Is Some Of The Following Classifications Of Cult Classic Film 

Bagaikan sebuah sub-culture, Cult Classic movie rupanya juga mempunyai turunan tipe yang mendasar terhapad perkembangan budaya yang terjadi pada industri perfilm-an dari tahun - ketahun. 

Seperti yang sudah gua jelaskan sebelumnya di atas, Bahwa Cult Classic adalah sebuah budaya yang mempunyai tipe dan kriteria terhadap perkembangannya dari masa - masa, Kalau dari analisa yang sudah ada Elemen Cult Classic ini sejujurnya sudah ada pada beberapa film lama di tahun 1900-an seperti : 

* A Trip To The Moon ( 1902 ) 

* Nosferatu ( 1922 ) 

* Lolita ( 1962 ) - Lolita ( 1997 ) 

* The Trip ( 1967 ) 

* Wonderwall ( 1968 ) 

* Psych-Out ( 1968 ) 

* 2001 : A Space Odyssey ( 1968 ) 

* The Devils ( 1971 )

* A Clockwork Orange ( 1971 ) 

* El Topo ( 1970 ) - The Holy Mountain ( 1973 ) 

* The Hourglass Sanatorium ( 1973 ) 



Dari beberapa list movie diatas adalah segelintir dari perkembangan midnight movies yang menjadi populer dan di kategorikan sebagai Cult Movie karena ke-unikan dan terdapat beberapa hal yang bisa di katakan taboos ( Melanggar tabu budaya ). Yup exploitasi dan taboo sering kali di-implementasikan kedalam istilah cult classic movie, Dari beberapa movie diatas seperti El Topo ( 1970 ) dan  The Holy Mountain ( 1973 ) kedua movies ini mempunyai strange elements disertai tingkat taboo yang nyeleweng dari  logika dan norma dasar, Itulah kenapa gua menyebutnya dengan istilah Seni tingkat tinggi sebab property dan juga narasi pada film garapan Alejandro Jodorowsky ini menggunakan ide dan kreativitas tingkat tinggi ( In different levels on imagination stage ), Itu lah kenapa ia disebut sebagai The Father Of Midnight Movie. 

Namun perlu kita sadari, walaupun istilah Cult Classic Movie ini terbentuk karena adanya support dari fanbase yang mengaggumi sebuah mahakarya, Berarti jauh sebelum adanya fanbase  Cult classic movie sudah  ada yang mem-pelopori dan mem-pioneri perkembangannya di industri film.

Beberapa Deretan Sutradara yang turut meng-hiasi Perkembangan Cult Classic Movie ! 


Tentunya kemunculan Istilah Cult Classic yang nyentrik ini bukan hanya sekedar terbentuk sebagai komunitas ataupun fansbase yang menjadi sebuah cabang budaya ! Bila ada sebutan fanbase pasti tentunya ada peran sebuah media dan Studio besar yang ikut berpartisipasi dalam mempelopori perkembangan Cult Classic Movie untuk mendapatkan sebuah Value. 
Jika memang benar adanya pastinya Cult Classic Movie juga menjadi sebuah bahan yang di kembangkan dan di populerkan oleh beberapa tokoh sutradara ( Directors ).

Nah maka dari itu pada section ini gua bakal memberikan beberapa informasi terkait Deretan Director yang turut ikut mempopulerkan Film Cult Classic dari Jaman ke-emasannya : 
  • Alfred Hitchcock
Well Alfred Hitchcock adalah salah satu penggarap yang mungkin adalah salah satu senior yang meng-influence beberapa sutradara seperti Stanley kubrick, Sebab beliau adalah Directors senior yang sudah berkarya kurang lebih dari 6 dekade dalam industri film. Ia kerap di sebut sebagai sutradara yang berdampak dalam industri per-filman, Terlebih lagi ia di kenal sebagai pakar mystery ( Master of Suspense ).
  • Alejandro Jodorowsky
Siapa pun yang pernah menonton Film garapan alejandro Jodorowsky ini, Pastinya kalian seorang yang senang meng-explorasi history dengan ber-meditasi melalui mahakarya yang di ciptakan oleh Alejandro Jodorowsky. Damn, Dia ini adalah seorang Director yang mempunyai tingkat intelektual dan kreatifitas layaknya dewa, Sebab tipikal film yang ia direct rata - rata film yang agak rumit untuk di tafsirkan. 

Dia adalah salah satu dari beberapa Directors terkenal yang menjadi Pioneer dalam perkembangan Cult Classic Film, Bukan hanya itu Alejandro pun kerap di sebut sebagai The Father Of Midnight Movies Sebab metode yang ia gunakan dalam mem-visualisasikan filmnya menggunakan unsur - unsur Exploitasi yang esentrik nan penuh dengan aliran ( Holy Spirit )  Psychedelic didalam visual ataupun property yang alejandro gunakan dalam penggarapan filmnya.
  • Stanley Kubrick
Kubrick seorang director Amerika yang dikenal sebagai sutradara yang jenius dalam setiap penggarapan filmnya, Berbeda dari Alejandro Elemen Midnight Movies juga bisa kita dapat pada film - film kubrick. Tak hanya menekuni Satu genre Kubrick nampaknya ber-eksplorasi dalam genre - genre lain seperti Psychological Horor,Sci-fi,Erotic Thriller, War,Drama  yang rata - rata tidak ada kecacatan dan selalu perfect dalam setiap film garapannya. 

Terlebih lagi pada film The Shining, Eyes Wide Shut,2001 : A Space Odyssey,Lolita, A Clockwork Orange, Dari semua Film yang kubrick terbitkan mempunyai ending yang tidak bisa di prediksi dan mempunyai khas yang unik pada penerapan cinematography nya.

  • Ken Russell
Sutradara asal british ini adalah salah seorang yang ikut meng-hiasi Perkembangan Cult Classic Film dalam beberapa dekade, Hampir seperti Alejandro dan Stanley Ken sendiri mempunyai penerapan yang khas dalam film - film garapan. Ia di kenal sebagai penggarap kreatif yang kental dengan eksploitasi yang dipenuhi Kontroversial dalam tiap - tiap filmnya. 


Sejujurnya  masih banyak lagi deretan tokoh director yang terus ber-generasi dalam menerapkan Cult Classic Movie hingga saat Seperti Alan Parker, Brian De Palma, Oliver Stone,Steven Spielberg,Quentin Tarantino dan banyak lagi.

My Final Interpretation : 


Sama seperti ber-nostalgia dan terdapat sebuah gairah ketika gua membahas cult clasic film ini, Yah pokok nya sih gitu deh. untuk kurang ataupun lebihnya mari kita diskusi bareng - bareng pada kolom komentar dibawah yah, My gratitude to all of you.



No comments:

Post a Comment