Schindler's List ( 1993 ) Film Review & Explanation The Profit Of War | Stoneeman Review - TheStoneman

Saturday, December 11, 2021

Schindler's List ( 1993 ) Film Review & Explanation The Profit Of War | Stoneeman Review

Schindler's List ( 1993 ) Film Review & Synopsis, Siapa yang yang tidak mengetahui Schindler's List 1993 Ini adalah sebuah war historical Drama movie.



Schindler's List ( 1993 ) ** 

Siapa yang yang tidak mengetahui Schindler's List 1993, Ini adalah sebuah war historical movie  bagi dunia terlebih lagi perang tersebut sangat memilukan jika di ingat bagi kubu Amerika . Dikarenakan storytelling nya menyampaikan kekejaman yang dilakukan manusia pada perang global dunia ke-2 Tepatnya menceritakan kekejaman Nazi ( German ) Terhadap yahudi ( Kewarganegaraan Amerika ). Movie Schindle's List ini ialah salah satu garapan  dari  sutradara senior kawakan yang terkenal, Apalagi namanya sudah banyak sekali mendapatkan award  dan terlebih lagi ia adalah Co-Founder dari Dreamworks Studio, Ia adalah Steven Alan Spielberg. Sudah banyak sekali movie garapannya yang banyak mendapatkan award terlebih lagi Schindler's List ini adalah salah satu garapannya yang mendapati award dan peringkat dalam list Greatest Films Ever Made

Schindler's List ini pun rupanya hasil adaptasi dari sebuah Novel yang di tulis oleh Thomas Keneally dengan judul Schindler's Ark yang di rilis pada tahun 1982,Pantas saja Film nya Epic rupanya hasil dari adaptasi novel historical yang juga epic dalam segi penulisan narasi yang realis, Novel ini bisa dikategorikan sebagai Biographical novel karena mengangkat dan menceritakan salah satu tokoh Terkenal dari German yaitu Oskar Schindler. 

Dari banyak nya Film tentang Kekejaman yang dilakukan oleh Nazi ( German ) seperti  Playing For Time ( 1980 ) Oleh Daniel Mann, Life Is Beatiful ( 1997 ),The Pianist ( 2002 ), The Diary Of Anne Frank ( 1959 ) Dan banyak lagi, Ternyata Schindler's List lah yang ditaruh dideretan pertama dari list award Best Holocaust Movie. Kenapa bisa di taruh di deretan pertama ? Mungkin karena penyampaian ceritanya yang teramat memilukan dan penggambaran situasinya dibuat menyerupai sama dengan kejadian pada perang dunia ke 2 dan mengangkat nama sebuah tokoh yaitu Oskar Schindler sebagai karakter utamanya yang heroik  dan juga mungkin karena penggambaran visualnya yang dibuat Hitam- putih sebagai penanda bahwa film ini adalah salah satu Dark Drama-historical Movie.


Schindler's List sendiri sejujurnya bukan hanya sekedar film historical drama biasa yang digarap oleh Steven Spielberg, Dikarenakan didalam penyampaian story pada film nya terdapat banyak makna dan subjek yang terlalu luas disertai bencana yang tragis bagi umat yahudi, Dari skema narasi yang dibuat oleh Steven nampaknya ia membuat alur cerita yang dapat dicerna dengan sangat baik, Dalam metodenya ia tidak hanya memfokuskan alur cerita movie ini kepada Holocaust saja, Melainkan Steven meng-combine dan  membuat alur cerita pada film ini betul - betul sangat detail dan kita sebagai audience dapat mudah memahami unsur - unsur kemanusiaan,keuntungan yang dapat diambil ketika perang terjadi ( Profit of War ), Tragedy kemanusiaan yang berlangsung, Gangguan mental disertai kejiwaan yang dialami ketika perang berlangsung, dan banyak lagi  yang divisualisasikan oleh Steven untuk kita saksikan pada film nya.

Terlepas dari itu, Film dengan aktor utama yang memerankan Oskar Schindler's  pada film ini ialah Liam Neeson ( Oskar ) yang telah menerima banyak piagam penghargaan atas prestasinya dalam berlaga didunia per-filman, Siapa yang tidak mengenalnya dia adalah aktor senior terkenal yang masih laris sampai sekarang. 

Berbicara mengenai karakter Oskar schindler's pada movie ini sejujur ia adalah seorang yang picik dan termasuk seseorang yang memanfaatkan kesempatan disaat perang dunia kedua sedang berlangsung, Dia adalah seorang berdarah german yang memanfaatkan perang sebagai substansi untuk mendapatkan keuntungan. Dia membuka pabrik industri disaat semua warga yahudi yang berada dipolandia sedang di invasi oleh german ( Nazi ) dan ia memanfaatkan pekerja yahudi dengan bayaran kecil yang nantinya tanpa sepengetahuan oskar yang notabennya adalah seorang member nazi party  yang membelot terhadap kaumnya karena rasa simpatinya terhadap pekerja yahudi tersebut membuat nurani kemanusiaannya tersentuh dan menurut sejarah ia adalah seorang german yang menyelamatkan 1.200 jiwa kaum yahudi dari tragedi pembantaian Holocaust yang dilakukan oleh Nazi. 

****

Film ini dibuka dengan sekelompok keluarga  yahudi yang sedang berdoa di meja makan dalam bahasa mereka dan lalu visual pada film bertransisi dari ber-warna menjadi Hitam-Putih. Disinilah Steven menggunakan intelektualnya dalam meng-interprestasikan novel  Schindler's Ark dengan cara yang berbeda. Dari beberapa film - film yang mengangkat kisah yang sama mengenai Holocaust,Schindler's List lah yang menurut Saya alur ceritanya paling lengkap dan mudah dipahami  dalam mengkupas sejarah kekejaman  nazi kala itu.

Setelah visual bertransisi menjadi hitam-putih, Scene pun berubah menjadi sedikit dramatis dikarenakan German berhasil meng-invasi polandia pada tahun 1939 dengan mengalahkan tentara polandia dalam dua minggu. Pada scene ini tentara german memerintahkan semua penduduk polandia yang berdarah ataupun keturunan yahudi untuk didata yang nantinya semua penduduk yang sudah terdata tersebut akan di relokasi ke kamp konsentrasi tahanan yahudi yaitu dikrakow.

****

Kemudian Scene pun berganti kepada Oskar Schindler's seorang business man yang menghadiri sebuah Nazi Party dengan tujuan untuk menyuap para petinggi agar ia dapat di permudah nanti dengan kesempatan membuka sebuah bisnis industrial dalam situasi perang. Dia adalah seorang yang memanfaatkan profit disaat perang, Ketika para tentara nazi fokus dengan tujuannya untuk menghakimi kaum yahudi, Oskar Schindler's memanfaatkan momen untuk mempekerjakan tahanan yahudi sebagai pekerjanya di pabrik industrial yang ia punya. 

Pada scene ini Aktor Liam Neeson patut di berikan 4 jempol dalam performancenya memerankan oskar schindler's yang terlihat sangat berwibawa dan bermartabat  dalam gelagatnya memerankan schindler's.

**** 

Pada scene berikutnya Setelah Oskar Schindler's berhasil menyuap para petinggi nazi, Kemudian Scene berganti ke naskah yang lebih serius dengan mempertontonkan kaum yahudi yang diperlakukan tidak manusiawi oleh tentara german dan tentunya karakter utama yaitu Oskar Schindler berada di tengah - tengah kejadian yang sedang berlangsung saat itu, Ketika itu ia mengunjungi suatu gedung lembaga pengaduan khusus penduduk yahudi di polandia. Oskar berkunjung kesana untuk menemui Itzhak Stern ( Ben Kingsley )  seorang yahudi terpelajar yang mempunyai pengalaman dalam bidang akuntansi, Oskar pun mengangkatnya sebagai asistennya untuk membantunya menjalankan bisnisnya disaat perang berlangsung. 

Di scene ini kita dapat mengetahui dan mempelajari cara berbisnis yang di lakukan oskar schindler's ketika perang berlangsung, Ia membuat kontrak kepada tentara german agar oskar dapat mengambil beberapa pekerja yahudi untuk bekerja kepadanya, Dan tak hanya itu di sini kita akan di pertontonkan bahwa the power of money sudah berlaku pada kala itu bahkan sebelum itu pun uang mempunyai kekuatan ataupun dampak yang cukup besar bagi perkembangan manusia dikala perang. 

**** 

Disinilah kalau menurut saya kehebatan berpikir dalam pembuatan naskah yang dilakukan oleh steven spielberg wajib di acungi jempol, Ia membuat karakter Oskar Schindler's diawali seolah- olah seperti seorang protagonis yang memanfaatkan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan besar dikala perang berlangsung, Namun setelah itu di pertengahan film berlangsung kita dapat melihat perubahan watak dari oskar yang tadinya ia mempunyai tujuan di balik mempekerjakan tahanan yahudi lalu berbalik menjadi seorang penyelamat yang membelot dari german untuk melindungi pekerja yahudinya agar tidak dibawa ke-Camp konsentrasi untuk dibunuh.

Ditambah lagi akting Liam neeson yang berubah menjadi karakter yang baik dan mempunyai hubungan dekat layaknya sahabatnya dengan asistennya yaitu Itzhak Stern membuat nuansa film ini semakin menyedihkan akibat Chemistry antara Oskar dan Itzhak.

Kesimpulan : 

Dan terlebih lagi yang membuat Film ini termasuk dalam list Greatest Film Ever Made !  mungkin dikarenakan terdapat beberapa adegan ataupun scene yang menonjolkan sexuality dan violence yang dilakukan pihak german terhadap kaum yahudi yang ditonjolkan dalam bentuk satire ( sindiran ) Dan juga mengangkat kisah heroik Oskar Schindler's yang mengorbankan uangnya demi menyelamatkan ribuan nyawa kaum yahudi. Bukan hanya itu saja sih kalau menurut opini saya sih yang membuat film ini terlihat seperti film komersial ialah karena tidak ada adegan perangnya antara Tentara German dengan Tentara dari kubu sekutu dari amerika, Melainkan Schindler's List ini di kemas sebagai drama penyelamatan kaum yahudi yang dilakukan oskar dan mempertontonkan realita sebenarnya yang terjadi kepada kedua belah pihak disaat perang sedang berlangsung.

Film yang berdurasi 3 Jam 15 menit ini tentunya akan merubah suasana hati audience ke mode sadless, Sudah pasti kalian akan totaly sadless dibuat film historical drama yang satu ini dikarenakan endingnya pun dikemas saddest. 



No comments:

Post a Comment