The Hourglass Sanatorium 1973, The Most Mind-Bending Movies Ever ! | Stoneeman Review-TheStoneman

Friday, December 3, 2021

The Hourglass Sanatorium 1973, The Most Mind-Bending Movies Ever ! | Stoneeman Review

The Hourglass Sanatorium 1973 Movies Review & Synopsis, Director : Wojciech Jerzy Has. Genre : Drama,Fantasy, Psychedelic Movies.


  The Hourglass Sanatorium 1973 Movie Review & Synopsis

Stoneeman.com Review - Well, Here we go again ! Kali ini kita kembali membedah sebuah film yang misterius dengan nuansa dan suasana yang jarang - jarang bisa kita ketemui pada film - film saat ini ataupun era ini.tentunya The hourglass sanatorium 1973 ( ataupun dalam bahasa polandianya film ini di sebut sebagai : Sanatorium Pod Klepsydra ),  Dan juga kerap di sebut sebagai The Sandglass dalam bahasa inggris. 


Movies yang satu ini adalah sebuah Surrealism movie dari polandia yang dikenal sebagai film dengan tingkat eksplorasi pikiran tingkat tinggi dengan menggunakan property surrealist atau biasa di kenal sebagai surrealism art. 


The Hourglass Sanatorium 1973 atau kerap di sebut dengan  The Sandglass ini di garap oleh sutradara berkebangsaan polandia ( Polish Film Director ), Jika kalian pernah tau mengenai perang dunia II yang kala itu sedang berlangsung di krakow ( Polandia ) Mungkin bisa di katakan film The Hourglass ataupun The Sandglass ini relate dengan tema narasi yang mengangkat cerita kelam ( Dark Story ) kaum yahudi yang terjadi di polandia kala itu. Sebab kemungkinan besar film ini bakal relate jika kalian sebelumnya pernah menonton historical war movies yang terjadi pada kaum yahudi ketika nazi sedang ber-invasi di krakow,Polandia. 

Berikut ini ada beberapa artikel dari stoneeman yang membahas tentang PD II,Tepatnya yang sedang berlangsung di polandia : > 5 Movies Sejarah Mengenai Kekejaman Nazi Pada World War II

 

Dengan penggarap Sutradara bernama Wojciech Jerzy Has, Seorang yang berkebangsaan polandia yang dikenal sebagai sutradara yang mempunyai ke-unikan dalam pemakaian property dan juga cara berpikir yang rumit dalam tiap - tiap film garapannya, Terlebih lagi pada The Hourglass Sanatorium ini. Oh ya pada movie garapannya yang ini Jerzy mengadaptasinya dari sebuah cerita  novel " Sanatorium Under The Sign Of The Hourglass "  yang di tulis oleh Bruno Schulz, Seorang novelis berkebangsaan Yahudi polandia yang meninggal semasa perang berlangsung.


Synopsis & Self Interpretation : 


The hourglass Sanatorium 1973, Film yang satu ini adalah sebuah film yang termasuk dalam kategorikal Cult Classic Movies lawas yang populer di kalangan pemuja Psychedelic Movie hingga saat ini, Dengan nuansa pengkemasan visual dan editing yang bokeh membuat film ini memang layak disebut Psychedelic movies karena menggunakan property dan editing visual yang dibuat nge-tripping sehingga film ini menjadi salah satu Cult Classic Movies lawas yang wajib banget menjadi santapan kalian di saat malam.

Buat yang belum tau apa itu Cult Classic Movies, Kalian bisa baca artikel nya disini : > Apa Sih Cult Classic Film Itu ? Berikut Ini Adalah Penjelasan & Artinya  !

Tak hanya itu dari sudut pandang saya sendiri mengenai film ini, Film ini sendiri tentunya mempunyai alur narasi yang bercabang dan tidak mudah untuk di pahami bahkan saya sendiri harus ber-ulang - ulang menontonnya dan membaca biografi dari sang sutradara dan pembuat novelnya untuk mendapatkan kunci jawabannya hahaha. Dan setelah saya menontonnya ber-ulang ulang ternyata film ini mempunyai banyak arti, Dimulai dengan based story yang berpaku kepada karakter Joseph ( Jan Nowicki ) yang menjelajahi dunia layaknya seperti mimpi ( Nampaknya Konsep Film Nya Sendiri Menggunakan Teori Paradox ). Dari penyajian naskah pada film ini saja dibuat dengan penuh fantasy dan dikemas dengan visual yang cozy and little bit trippin out,if you know what i mean :P 


Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, Film ini dipenuhi banyak arti dan terdapat banyak pesan misterius yang mendalam yang tidak semua orang bisa pahami seperti berhubungan dengan histori yahudi, Budaya orang yahudi yang di kemas dengan property - property yang surealist dan direalisasikan kedalam bentuk visual cinematography( Koreksi kalau saya salah )oleh karena itu menurut saya film ini mempunyai penerapan psychologis pada narasi yang dibuat oleh Jerzy. Walaupun film ini diadaptasi dari novel buatan bruno, Banyak yang megatakan dari beberapa reviewer luar yang telah saya telusuri bahwa Filmnya tidak lah sama ataupun selaras dengan apa yang ada pada novelnya. Dan ini saya benarkan juga karena saya melihat biografi dan film  - film yang dibuat Wojciech Jerzy Has mempunyai khas yang berbeda, Kalian akan sadari itu ketika kalian menonton The Hourglass ini. 


Film The Hourglass ini multitafsir dan masing - masing dari kita yang menontonnya pun pasti akan mempunyai penafsiran yang berbeda-beda, Karena penerapan konsep surrealism yang diterapkan oleh Jerzy itulah yang membedakan novelnya dengan adaptasi film yang di garap oleh jerzy. Kalau dari analisa awam saya sendiri, Jika kita tahu Alejandro Jodorowsky yang di beri julukan the father of midnight movies, Film garapan Jerzy  The hourglass ini hampir - hampir menyerupai dengan cara berpikir alejandro, Kalau dari literaturnya sih nampaknya mereka se-era. Dan dari biografi Wojciech Jerzy has sendiri, Jerzy meng-claim dirinya adalah agnostic dan dari sinilah saya paham kenapa film the hourglass sanatorium ini mempunyai alur cerita dengan spiritual yang mendalam mengenai jiwa dan roh, Kalian bisa mengetahuinya di menit -menit akhir pada film ini.


For My Final Thought : 


The Hourglass Sanatorium sebuah Surrealism film yang juga kerap di kategorikan sebagai Psychedelic Movies dari polandia ( Ttrippin Movies ) dikarenakan visual,property dan juga backing sound yang di mainkan pada film ini terdapat unsur psychedelic yang di terapkan dengan  imaginasi tingkat tinggi sehingga kita audience dapat terbius dengan suasana dan juga nuansa yang terdapat pada visual dan juga backing sound nya. Tak hanya saya kira awalnya Film ini adalah Silence Movies soalnya pada awal mula scene berlangsung visual pada film ini sudah berbicara terlebih dahulu di bandingkan skenario antar karakter, Terlebih lagi mulai dari property dan juga editing visual maupun backing soundnya udah bokeh dan terlihat futuristik banget deh pada tahun - tahun segitu.

Baca Juga Artikel Penjelasan mengenai Psychedelic Disertai Literaturnya Disini : 

No comments:

Post a Comment