Mengulik Pergerakan Bersejarah Kaum Hippie -TheStoneman

Sunday, October 2, 2022

Mengulik Pergerakan Bersejarah Kaum Hippie

Apa itu Hippie ( Hippy ) ? 

 
Sejarah Mengenai Hippie ( Hippy )

Budaya Baru Yang Banyak  Meng-inspirasi Kaum Muda

Seperti Judul yang bisa kalian lihat diatas, Hari ini Stoneeman akan membahas satu topik pembahasan yang masih berhubungan dengan topik yang pernah stoneeman bahas sebelumnya mengenai psychedelic.
 
Tentunya pada sesi ini Stoneeman akan menjelaskan secara mendetail mengenai sebuah kultur ataupun budaya yang sudah ada sejak tahun 1960 silam, Ibaratkan sebuah mesin waktu' budaya yang satu ini tentunya sudah dikenal banyak di berbagai macam belahan negara karena memang pergerakannya yang cukup progresif pada kala itu. 






Sejarah Mengenai Hippie ( Hippy ) 


Sebelum kita mengenal lebih jauh mengenai sejarah para hippies pada masa awal mula pergerakannya, Mari kita kenali dulu dari mana awal mula kata hippie ini mulai di kenal dan di ketahuii banyak orang hingga saat ini. Umumnya  Hippie dikenal sebagai sebuah pergerakan yang terkait dalam penolakan peperangan yang terjadi pada tahun 1955 - 1975 atas keterlibatan Amerika ( USA ) dalam perang vietnam yang menjadi sebuah pemicu timbulnya pergerakan Hippie hingga muncul ke permukaan dan menjadi sebuah budaya yang bahkan masih terus ber-generasi hingga saat ini. 

Asal usul Istilah Hippie  


Original nya dari kata hippie ialah diambil dari sebutan "hip" atau "hep" yang digunakan oleh  beat generation. Beat generation adalah sebuah pergerakan sastra dan sosial yang dimulai oleh sekelompok anak muda pada tahun 1950-an melalui sebuah karya tulis yang mempengaruhi dan mengeksplorasi budaya bahkan politik di amerika pascaperang.


Asal - Usul Mulainya Pergerakan Hippie Ini Dimulai 


Dari sedikit ataupun beberapa orang yang sudah mengetahui tentang hippie atau nama lainnya ialah hipster, Umumnya pergerakan hippies ini dikenal dan mulai memuncak karena adanya beberapa insiden yang terjadi akibat perang yang terjadi kala itu di tahun 1940-1960an, Namun yang banyak di ketahui banyak orang ialah insiden yang terjadi pada perang vietnam ketika amerika ikut campur dalam perang tersebut  dan banyak mengorbankan anak muda dari pihak amerika yang menjadi korban pada perang tersebut. 

Tetapi perang vietnam itu hanyalah salah satu dari pada beberapa bentuk protes yang dilakukan pemuda amerika kala itu, Faktor lainnya didasarkan kepada beberapa peristiwa internasional penting lainnya  seperti gerakan hak sipil Afrika-Amerika pada tahun 1950an, Perang Korea  ( 1950-1953 ) dan Uji coba bom hidrogen pada tahun 1954. 

Dari banyaknya peristiwa dan insiden yang terjadi di era gelap tersebut yang menjadi sebuah faktor untuk mendasari  gerakan yang dilakukan oleh para hippies ini untuk menuntut pemerintah Amerika agar merubah sistem - sistem zionis yang merugikan anak - anak muda serta masyarakat sipil kala itu. 

Pelopor Massive Yang Disebut Sebagai Beat Generation


Beat Generation disebut sebagai sebuah kelompok yang mem-pelopori massivenya gerakan Hippies di seluruh dunia. 

Generasi ini disebut sebagai sekumpulan anak muda yang berkarya dalam bentuk karya tulis yang menyuarakan suaranya melalui tulisan untuk menentang budaya - budaya dan politik  Amerika kala itu yang di anggap meresahkan oleh anak muda. 

Beat generation ini terdiri dari beberapa anak muda liar yang mengonsumsi narkoba untuk substansi mereka dalam meng-kritik pemerintah. pada tulisan- tulisannya mereka memasukan unsur - unsur seksual yang pada kala itu sangat tabu untuk kalangan masyarakat dalam mengkritikisasi pemerintah kala itu. 

Beat Generation ini lah yang semula hanya bergerak dalam bidang sastra dan pergerakan sosial akhirnya meluas ke bidang - bidang lain seperti musik,seni lukis,dll mengikuti perkembangan protestor kala itu. 


Dampak  Dari Movement Yang Dilakukan Oleh Hippie


Pergerakan Kemanusian, Anti War, Free Love Dan terbentuknya istilah Peace Love and unity adalah simbol pergerakan yang para hippies lakukan ketika menyuarakan suara mereka. Tak hanya itu akibat meluasnya komunitas dan para partisipan hippie, Pergerakan Hippies sendiri pun berkembang menjadi sangat besar bahkan layak di katakan sebagai budaya yang tercipta karena perlawanan terhadap pemerintah kala itu yang sedang gencar - gencar nya dalam memerangi komunis 1960 ( USA ). 

Hippies sendiri menyuarakan suara mereka tidak hanya dalam bentuk pergerakan sosial saja, Mereka menyuarakan bentuk protes mereka melalui berbagai macam bidang & media yang sangat berdampak sekali kala itu seperti : 

  • Art ( Mulai dari Style & cara berpakain,Lukisan, Hippies mempunyai motif tersendiri didalamnya ) 
  • Music  
  • Film
Dari banyak nya informasi mengenai hippies, Pastinya kalian sudah mengetahui jika hippies ini adalah counter-cullture ( atau bisa di katakan founder dari beberapa sub culture yang mengikuti perkembangan hippies itu sendiri ). Seperti Art,Music&Film, Hippies mempunyai ciri khasnya tersendiri dalam meng-eksplorasi media apalagi media Seni sehingga menciptakan sub genre baru pada masing - masing bidang yang mereka gunakan. 

Hippies Identik Dengan ? 


Hippies adalah sebuah pergerakan budaya baru  yang rata - rata di lakukan oleh anak muda pada awal tahun 1960-an untuk menyuarakan perlawan atas budaya kolot generasi sebelumnya yang hanya mementingkan sebuah profit dari buah peperangan, ( Dengan substansial dari Psychedelic Drugs )  Pergerakan yang dilakukan oleh anak muda kala itu sangat lah kreatif, Style serta cara mereka memprotes sangatlah demokratif. Mereka menggunakan property - property unik  serta hiasan yang mereka kenakan mempunyai pesan yang mendalam seperti " Love is more colorfull without war ", Maka dari itu hippies kerap di golongankan sebagai generasi bunga ( Flower Generation ).

Dan jangan lupa untuk ciri khas hippie untuk laki - laki  kala itu ialah rambut gondrong yang menyatakan sebuah kebebasan hidup tanpa batasan.

Movement yang meluas sehinnga membentuk sebuah Culture ( Budaya ) yang dicontoh oleh Negara-negara lain ?!

Mulai dari musisi - musisi terkenal seperti The Beatles,Gratefull Dead,Croshby Still & Nash, The Who,Creedence Clearwater revival, Santana, Jimmi Hendrix, Janis joplin,Jefferson Airplane Dan Tokoh - tokoh terkenal seperti Jack Nicholson,Jim Carrey, Andy Warhol yang ikut meramaikan vibe ketika gerakan hippies ini memuncak pada tahun 1967. 


Akibat Demam Hippies yang yang makin meramai dan di kenal sebagai sebuah style baru yang populer kala itu akhirnya dilirik oleh para musisi - musisi dan tokoh tokoh besar ikut meramaikan puncak atmosphere pada tahun 1967 sampai 1969 dengan pentas musik festival Woodstock di Bethel,New York  ( 1969 ).

Karena besarnya dampak yang dibuat oleh para hippies dan tokoh serta musisi - musisi besar yang ikut meramaikan vibes puncak dari demam hippies kala itu,menginspirasi banyak anak - anak muda dari negara - negara lain untuk mengikuti gaya hippies dalam menyuarakan suara kepada pemerintah. 

Daftar Musisi - musisi yang ikut bersuara dalam pergerakan hippies : 

  • The Beatles
  • janis joplin
  • Gratefull Dead
  • Creedence Clearwater Revival
  • The Who
  • Crosby, Stills & Nash
  • Santana
  • Jimmi Hendrix
  • Canned Heat
  • Jefferson Airplane
Budaya & Gaya Hippies yang tersebar hingga ke beberapa negara Europe & Asia,Terlebih lagi Indonesia.

Bentuk Perlawan Dengan Gaya Hippies di indonesia

Dari beberapa negara yang mengikuti perkembangan budaya hippies di tahun 1960 Amerika, Anak muda di Indonesia pada tahun 1970-an pun ikut terpengaruh budaya baru yang berasal dari amerika.

Meski di indonesia hanya mengadopsi segelintir dari beberapa budaya hippies seperti berambut gondrong serta mengikuti trend fashion yang cukup unik kala itu.

Bentuk perlawanan yang di suarakan anak muda di indonesia kala itu ialah mengenai sistem pemerintah yang terlalu kolot serta menganggap remeh kaum muda yang berambut gondrong pada tahun 1970-an, Anak - anak muda indonesia kala itu menyuarakan sistem pemerintah yang nepotis dan anti kritik. 

Pada masa itu walaupun pemuda di indonesia hanya mengadopsi hippies sebagai sebatas gaya ( fashion style ), Namun pemerintah indonesia pada era itu menganggap rambut gondrong adalah persoalan yang serius.  Anak muda yang berambut gondrong kala itu tidak di abaikan oleh pemerintah seperti saat ini, Karena sistem pemerintahan indonesia kala itu otoriter, Pemerintah membentuk Badan Koordinasi Pemberantasan Rambut Gondrong ( Bakorperagon ). Lembaga yang juga di gandeng oleh aparat militer yang bertugas untuk menggunting rambut - rambut pemuda yang gondrong dengan alasan  dinilai 'tidak sesuai dengan jati diri bangsa. 

Pada Era Orde Baru itu pemuda yang berambut gondrong dan panjang lekat dengan stigma yang dinyatakan sebagai seorang penjahat & pemberontak negara.

ART,MUSIC & MOVIES


Media seni adalah sebuah media yang paling murni dalam menyuarakan suara pemuda hippies kala itu,   bisa di katakan pergerakan hippies adalah pergerakan yang paling kreatif karena memakai seni & music sebagai media mereka untuk ber-eksplorasi dalam menyuarakan perlawanan mereka. 

Dari hasil eks-ploarsi dan kolaborasi antara tokoh seniman,artist& musisi amerika kala itu, Hippies terbagi lagi menjadi beberapa bidang  dan pengelompokan masing - masing pada setiap media yang mereka salurkan.Hippie sendiri adalah sebuah counter culture ( Budaya tandingan ) yang mempunyai turunan  yang identikal dengan : Psychedelic Art, Psychedelic Music, Bahkan Psychedelic Movies. 

Sebelumnya saya pernah membahas mengenai 'Apa itu Psychedelic ?!' Kalian bisa membaca Artikel nya di bawah ini : 

Apa itu psychedelic ??? 

 
Sedangkan seiring berkembangnya demam Hippies di tahun 1960-1969, Ada beberapa Director film yang ikut meramaikan demam hippies kala itu dengan membuat film - film hippies yang rata - rata di kemas dengan genre Drama Musical Movies yang identik dengan unsur psychedelicnya.

Perkembangan Budaya Hippies Dari Masa Ke-emasan Hingga Saat ini


Mulai dari Art,Music Bahkan Film, Budaya Hippies berkembang menjadi sebuah substansi yang lebih luas lagi 'Bahkan ada beberapa budayawan hippies di USA yang benar - benar memahami substansinya sebagai hippies,setelah mereka melewati masa ke-emasan pada era itu- hingga sampai saat ini masih mengadopsi dan menjadikannya sebagai cara untuk hidup. 

Baca Juga : 

Pengertian Dan Penafsiran Personal Mengenai Pergerakan Hippie 


Pergerakan Hippies sendiri di kenal sebagai salah satu gerakan Counter-Culture yang berkembang di Amerika Serikat, Gerakan Ini lahir karena adanya beberapa faktor yang mendasari yaitu kebebasan serta cara berpikir generasi sebelumnya yang sangat kolot dan taat dengan sistem yang berlawanan dengan norma kemanusiaan pada kala itu. 

Secara historical gerakan ini di-dirikan oleh sekolompok anak  muda yang di sebut sebagai Beat Generations,untuk melawan generasi sebelumnya Beat Generations lahir sebagai antitesis dari generasi sebelumnya yang di nilai terlalu otoriter dan kolot,  akibat pemikiran radikal generasi sebelumnya yang dibutakan oleh ambisi menaklukan,perang dan Kekuasaan ! Terbentuk lah Hippies sebuah pergerakan yang dikenal sebagai gerakan Kiri baru. 




No comments:

Post a Comment