Sejarah Kemunculan Psychedelic Art Beserta Literaturnya -TheStoneman

Friday, October 21, 2022

Sejarah Kemunculan Psychedelic Art Beserta Literaturnya

 

Sejarah Kemunculan Psychedelic Art Beserta Literaturnya
Psychedelic Art By Stoneeman

Sejarah Kemunculan Psychedelic Art Beserta Literaturnya

 

Stoneeman.com – Apakah kalian sebelumnya pernah mendengar istilah dari psychedelic ?  mungkin bagi beberapa orang yang sudah mengenal ‘psychedelic’ akan sangat relate dengan artikel kali ini. Pada kali ini stoneeman akan membahas topik yang tentunya akan berhubungan dengan ulasan stoneeman sebelumnya yang membahas mengenai ‘Psychedelic’ secara lengkap.

 

Tahukah kalian apa itu psychedelic art ?

 

Well, jika kalian pernah mempelajari apa itu ‘psychedelic’, Psychedelic sendiri dari literatur umumnya di artikan sebagai Mind-Manifesting yang artinya memanifestakan pikiran. Tak hanya itu, Psychedelic pun sejujurnya adalah sebuah sub-culture yang berkembang akibat adanya percobaan,eksperimen,yang akhirnya dimanifestakan dalam sebuah pergerakan yang dilakukan oleh hippie ( Counter-culture ) pada tahun 1960’s di united stated amerika.


Kemudian munculah psychedelic art yang bisa di katakan sebagai sub-genre dari psychedelic yang berkembang di tahun 1960’s  sampai 1970’s akhir.

 

Kalian bisa membaca secara lengkap mengenai ulasan psychedelic dibawah ini :


The word psychedelic comes from two Greek words meaning “mind manifesting.”

 


Awal mula kemunculan psychedelic art


Apakah kalian pernah mendengar mengenai hippie ? Jika belum baca ulasan mengenai ‘Pergerakan Bersejarah Kaum Hippie’. Sebuah pergerakan massive yang di sebut sebagai pelopor ( Counter-Culture ) perkembangan psychedelic culture.

Mungkin kalian berpikir Psychedelic art adalah bagian dari sebuah genre music, memang Psychedelic adalah sebuah culture yang banyak meramba banyak bidang,mulai dari ‘Music,Art,Movie’.psychedelic sendiri sudah menjadi budaya local di Amerika karena movement yang dilakukan oleh para hippie di tahun1970’s, Dikarenakan movement yang di penuhi dengan kreatifitas tersebut terciptalah cabang – cabang/bidang baru yang di ciptakan akibat dampak movement yang dilakukan oleh para hippie di tahun 70’s.

Psychedelic art adalah salah satu bidang yang hippie gunakan dalam meng-implementasikan protesnya terhadap pemerintah kedalam bentuk media kreatif. Pada kala itu hippie banyak mendapatkan bantuan support mulai dari para musisi, seniman, sastrawan dalam meramaikan pergerakan mereka, Karena hal tersebut lah Psychedelic bisa di katakan sebagai culture yang sudah melekat dalam perkembangan budaya hippie kala itu.

 

Pelopor artist yang menekuni perkembangan psychedelic art di tahun 1960


Sejujurnya ada salah satu grafis yang Sudah memperkenal gaya psychedelic didalam seni pada tahun 1922 ia adalah William Addison Dwiggins, seorang seniman tipografi Amerika pada tahun 1922’s silam ( Roots of psychedelic art artist ). Akan tetapi perkembangan psychedelic art sendiri mulai berkembang pada tahun 1960’s yang dimana hippie mulai menerapkan dan mengembangkan gaya psychedelic art nya dalam bentuk poster yang banyak mengandung unsur tipografi & perpaduan warna contrast yang akan menyejukan mata Ketika melihatnya, berikut ini adalah beberapa contoh karya psychedelic para hippie kala itu :

 

1.Wes Wilson

Sejarah Kemunculan Psychedelic Art Beserta Literaturnya , stoneeman
Psychedelic poster art/cover album created by Wes Wilson


wes Wilson adalah seorang artist yang umumnya di kenal sebagai bapak poster konser rock tahun 1960s,Beliau adalah salah satu seniman/artist yang paling di kenal sebagai salah satu perancang poster psychedelic paling terkenal kala itu.

Berikut adalah karya – karyanya yang menekankan unsur typografi dan warna contrast yang menjadikan ciri khas psychedelic art kala itu.  

 

2.Stanley Mouse ( Mouse & Kelly )


Sejarah Kemunculan Psychedelic Art Beserta Literaturnya , stoneeman
Psychedelic poster art/cover album created by Stanley Mouse

Stanley George Miller atau biasa di kenal sebagai stanley mouse, Dia adalah seorang amerika artist yang turut menekuni perkembangan psychedelic art di tahun 1960’s. Stanley mouse menjadi terkenal karena desain poster konser rock psychedelic  yang ia buat pada tahun 1960’s untuk cover album band psychedelic yaitu gratefull dead, Journey,Jefferson Airplane,thirteenth Floor Elevators.

Khas psychedelic art di tahun 1960-1970’s yang terdapat pada poster ataupun album cover kala itu mempunyai ciri khas yang di tandai dengan bentuk font yang dibuat melikak-likuk dan di kolaborasikan dengan warna – warna yang contrast.

3.Contoh Psychedelic film poster terbaik di tahun 1960’s – 1970’s


Sejarah Kemunculan Psychedelic Art Beserta Literaturnya , stoneeman
Good Psychedelic Poster Movie You Should Watch



Tidak hanya pada album cover,poster festival music,Psychedelic art di tahun 1960’s bisa kita temui juga dalam poster – poster film, rata -rata sih film yang memakai psychedelic poster seperti diatas adalah film dengan kategorial psychedelic movies. Layaknya sebuah penanda poster psychedelic diatas adalah beberapa film cult classic movie yang popular di tahun 1960-1970 akhir.

Kalau bicara soal psychedelic movie poster, kebetulan stoneeman juga sudah sering membahas & memberikan refrensi ataupun informasi seputar psychedelic movie, cult classic movie, kalian bisa membaca ulasannya di bawah ini :

Psychedelic Movies

1.The Hourglass Sanatorium 1973

2. Best Psychedelic Movie Recommendation

4. Mati Klarwein

Mati Klarwein adalah seorang pelukis asal perancis yang juga mempunyai style yang cukup  unik  &  sangat di kenal dengan karya nya yang mempunyai style surrealist,Jika saya boleh meng-interpretasikan sedikit tentang karya beliau yang cukup fenomenal pada album abraxas yang di rilis oleh santana pada tahun 1970, Carlos santana memakai lukisan yang dibuat oleh mati untuk cover albumnya karena mempunyai nuansa psychedelic didalam lukisan tersebut.

Sejarah Kemunculan Psychedelic Art Beserta Literaturnya ,Stoneeman
Psychedelic art cover album created by Mati Klarwein



Pada karya – karyanya mati kalrwein kita dapat menganalisa bahwa pada di tahun 70’s ia telah menciptakan sebuah formula baru dalam perkembangan aliran seni Lukis, terlebih lagi terhadap aliran psychedelic art.  Dan di tambah ketiga cover album yang di buat oleh mati klarwein diatas adalah album – album terbaik yang bisa kalian dengarkan jika kalian menyukai jazz,jazz fusion,funk,soul. Karya mati klarwein banyak di pakai oleh musisi – musisi keren dan liar seperti santana yang juga meriahkan puncak pergerakan budaya hippie di Woodstock pada akhir tahun 1969-1970’s.

 

Seperti yang sudah pernah saya jelaskan pada ulasan sebelumnya mengenai psychedelic, Psychedelic adalah sebuah sub-culture yang berkembang di tahun 1960’s akibat movement kreatif yang dilakukan oleh para hippie. tentunya bicara soal  aliran psychedelic & psychedelic art tidak akan lepas dari para hippie karena mereka lah yang memulai budaya tandingan Ini terhadap pendahulu mereka yang katanya kolot.

Karena banyak mendapatkan support dari beberapa musisi/artist/seniman,bahkan juga beberapa director yang turut meramaikan vibes para hippie ini kedalam bentuk cinema ( film ), sehingga psychedelic  terbagi – bagi kedalam beberapa scena & bidang.

Perkembangan aliran psychedelic art didalam bidang seni visual kala itu  di sebut juga sebagai pop-culture yang masih berkembang hingga saat ini.

 

Perkembangan  Psychedelic art dalam design visual modern

 

Tidak bisa di sangkal, pada era yang modern ini psychedelic art bukanlah wajah baru didalam bidang design. Psychedelic art adalah sebuah trend pop yang sudah ada pada tahun 1960’s dan di kembangkan menjadi sebuah budaya seni yang masih di lestarikan hingga saat ini oleh seniman/budayawan & designer.

Dan perlu di ketahui bahwa pop culture yang sudah ada pada tahun 1960’s tersebut adalah sebuah formula visual yang menguntungkan dalam perkembangan psychedelic art saat ini, Di era yang modern ini psychedelic art berkembang kedalam bentuk yang bervarian. Jika kalian adalah seorang praktisi design ataupun pengamat tentunya sudah tidak asing dengan istilah psychedelic art.

 

Poster Created By Stoneeman  ( @Horcux_07 )
Poster Created By Stoneeman  ( @Horcux_07 )


Karena saya sendiri adalah seorang penggiat/praktisi design yang suka & menekuni aliran psychedelic art, kalian bisa cek sendiri di Instagram official stoneeman ( @horcux_07 ). Bagi saya di era yang modern ini Psychedelic art adalah visual yang dapat dikombinasikan kedalam berbagai elemen  design seperti manipulation art,surealm art,pop art, dan banyak lainnya yang dapat kita ketemui di media seperti Instagram,facebook jika kalian ingin mendalaminya. Berikut ini adalah beberapa contoh psychedelic art modern yang stoneman buat :

 

Psychedelic Art Visual By Stoneeman ( @Horcux_07 )
Psychedelic Art Visual By Stoneeman ( @Horcux_07 )


 

Self Interprestasi

Jika saya boleh menafsiran pengertian psychedelic art didalam aliran seni visual pada era yang modern ini; Psychedelic art bukan lah sesuatu yang tercipta karena adanya substansi,melainkan psychedelic art adalah bagian dari apa yang bisa kita rasakan didalam kehidupan kita sehari – hari. Bagi saya penerapan dalam pembuatan psychedelic art tidak lah rumit, Jika kalian mempunyai ketertarikan ataupun feel & soul yang kuat, Kalian hanya perlu mengembangkan formula yang sudah ada di tahun 1960’s dan mengkombinasinya kedalam bentuk visual yang imaginary.

 

No comments:

Post a Comment